DPRD Gumas Mendukung Usulan Jalan Kurun-Palangka Raya Naik Kelas

 DPRD Gumas Mendukung Usulan Jalan Kurun-Palangka Raya Naik Kelas

KALTENGNEWS.CO.ID, GUNUNG MAS– DPRD Gunung Mas menyatakan setuju dengan usulan eksekutif kepada pusat untuk menaikan status jalan lintas Palangka Raya-Kuala Kurun menjadi jalan nasional. Harapannya, dengan peningkatan kelas tersebut, kualitas jalan semakin baik.

“DPRD Gumas mendukung dan setuju kalau jalan lintas Kurun-Palangka Raya itu ditingkatkan. Terlebih, jalan itu masih kurang dari segi kualitas serta anggaran,” kata Ketua DPRD Gumas, Akerman Sahidar, Jumat (2/9/2022).

Saat ini, jalan yang menjadi akses penghubung banyak desa, beberapa kabupaten dan kota Palangka Raya itu, kondisinya sangat memperhatikan. Jalan kelas III tersebut rusak parah akibat dilalui kendaraan industri.

“Maka itu sangat tepat sekali kalau jalan lintas itu dinaikan kelasnya, mengingat segi kualitas dan kuantitasnya sangat kuat dan mampu menahan beban diatas 10 ton,”ujar Akerman.

Wakil Bupati Gumas Efrensia LP Umbing saat pertemuan dengan anggota Komisi VII DPR RI wilayah Kalteng menyampaikan, jalan lintas saat ini hanya untuk arus orang dan arus barang.

Namun pada faktanya, perusahaan yang harusnya menggunakan jalan khusus atau jalan industri ikut menggunakan jalan tersebut.

“Kita lihat saja apakah ada solusi, atau apakah kualitas jalan akan ditingkatkan. Ya, mungkin bisa juga jalan itu dinaikan statusnya menjadi Jalan nasional, sebab Pemprov Kalteng yang menangani perbaikan jalan itu masih alami keterbatasan anggaran,” ucap Efrensia.

Ia pun menitipkan aspirasi untuk sampai ke pusat melalui anggota Komisi VII DPR RI wilayah Kalteng, dan dari Kementrian ESDM RI. (Trisandi)

Roni Sahala

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *