Dewan Dukung Pengembangan Shrimp Estate Di Kalteng 

 Dewan Dukung Pengembangan Shrimp Estate Di Kalteng 

FOTO : Anggota Komisi II DPRD Kalteng bidang Sumber Daya Alam (SDA) dan Perekonomian, Fajar Hariady. 

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Upaya pemerintah provinsi (Pemrov) Kalimantan Tengah mengembangkan Shrimp Estate atau Budidaya Udang Vaname di wilayah Tambun Bungai, tampaknya mendapat dukungan dari kalangan DPRD Kalteng.

Seperti yang disampaikan oleh Anggota Komisi II DPRD Kalteng bidang Sumber Daya Alam (SDA) dan Perekonomian, Fajar Hariady yang mendukung penuh adanya program tersebut.

Menurutnya, program shrimp estate ini sangat strategis dan akan memberikan dampak positif terhadap daerah maupun masyarakat. Terlebih ada rencana pemutihan lahan seluas 500 hektare di Kabupaten Kotim serta Seruyan yang nantinya akan difungsikan mejadi kawasan shrimp estate tentu hal tersebut patut didukung.

“Kita sangat mendukung jika tujuannya untuk meningkatkan perekonomian daerah dan masyarakat melalui sektor perikanan. Adanya rencana pemutihan lahan itu sangat bagus, sehingga nanti pengembangan shrimp estate bisa dibangun dengan skala besar,” ucapnya, Rabu (07/09/2022).

Politisi PKB Kalteng ini juga menyebutkan Kabupaten Kotim dan Seruyan merupakan daerah potensial dan memenuhi syarat untuk pencanangan shrimp estate, mengingat kedua wilayah tersebut didukung potensi kelautan dan perikanan yang cukup besar. Sebab itu, sangat tepat jika pemprov memilih kedua daerah tersebut untuk pengembangan udang vaname.

Di sisi lain, Dirinya juga berharap kepada Pemprov Kalimantan Tengah, untuk bisa memperjuangkan agar usulan pemutihan lahan untuk pencanangan program shrimp estate di kabupaten Kotim dan Seruyan itu dapat disetujui oleh pemerintah pusat, mengingat program tersebut sangat penting bagi daetah ini.

“Itu harus diperjuangkan, apabila disetuji maka dampak positifnya juga akan dirasakan daerah maupun masyarakat, dan yang paling penting yaitu Kalteng bisa menjadi salah satu daerah lumbung pangan guna menopang kebutuhan lokal maupun secara nasional dari sektor perikanan. Terlebih Kalteng juga menjadi salah satu penyangga IKN Nusantara nantinya,” tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *