Curah Hujan Tinggi Sebabkan Ribuan Kepala Keluarga Di Gumas Terdampak Banjir 

 Curah Hujan Tinggi Sebabkan Ribuan Kepala Keluarga Di Gumas Terdampak Banjir 

FOTO : Kondisi Banjir yang merendam rumah di wilayah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah. (Foto IST.)

 

Kaltengnews.co.id – KUALA KURUN – Tingginya curah hujan belakangan ini, menyebabkan debit air sungai naik, sehingga menimbulkan ribuan Kepala Keluarga (KK) beserta rumahnya di Kabupaten Gunung Mas Kalimantan Tengah terendam banjir. Ketingian air bervariasi dari 20 hingga 170 sentimeter.

“Data sementara yang kita peroleh dari lapangan ada lima kecamatan yang terendam banjir. Jumlah yang terdampak sekitar 2.738 kepala keluarga,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Gunung Mas, Champili, Senin (5/9/2022).

Lima kecamatan yang terendam yaitu, Kecamatan Kurun, Tewah, Miri Manasa, Kahut dan Damang Batu. Banjir terparah melanda Kecamatan Tewah dengan 1.389 kepala keluarga terdampak.

Adapun desa dan kelurahan yang terendam adalah Desa Penda Pilang, Tumbang Manyangan, Tambirah, Miwan, Pilang Munduk, Hakau, Hurung Bunut, Petak Bahandang dan Desa Tanjung Riu.

“Kecamatan Tewah yang terdampak berjumlah 1.389 KK, mulai dari Kelurahan Tewah ada 883 KK, Desa Pajangei ada 32 KK, Desa Sei Riang ada 118 KK, Habaon ada 50 KK, Tanjung Untung ada 118 KK, Sarerangan ada 150 KK, dan Teluk Lawah ada 38 KK,” ujar Champili.

Dikatakan Champili, banjir saat ini merupakan dampak dari meluapnya sejumlah sungai di Kabupaten Gunung Mas, akibat tingginya intensitas hujan beberapa hari terakhir.

Terpisah, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kalteng, Alpianus Patanan mengatakan, banjir terjadi di empat kabupaten yakni Gunung Mas, Katingan, Kotawaringin Timur dan Barito Utara.

Banjir tersebut terjadi di beberapa titik dan yang terparah melanda Tewah mulai dari tanggal 3 September lalu. Untuk Tewan, BPBD telah mendirikan dapur umum untuk memastikan suplay makanan bagi warga terdampak tercukupi.

“Kami terus memantau untuk memastikan BPBD kabupaten malakukan upaya-upaya penanganan secara memadai untuk melayani masyarakat yang terdampak banjir. Rencana hari ini kami akan mengirim bantuan bahan baku ke Kecamatan Tewah,” kata Alpianus. (Roni S./YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *