Pemkab Katingan Sambut Kedatangan Jemaah Haji

 Pemkab Katingan Sambut Kedatangan Jemaah Haji

FOTO : Suasana foto bersama Sekda Katingan bersama 46 Jemaah Haji di Masjid Ainul Yaqin Kasongan.

KALTENGNEWS.co.id – KASONGAN – Pemerintah Kabupaten Katingan sambut datangnya 46 orang Jemaah Haji tahun 1443 Hijriah/2022 Masehi, setelah menunaikan Rukun Islam yang kelima di tanah Suci Mekkah, sejak keberangkatan 17 Juli 2022 sebelumnya.

Kedatangan Jemaah Haji asal Katingan tersebut disambut secara resmi Bupati Katingan Sakariyas, yang diwakilkan oleh Sekretaris Daerah Katingan Pransang, di halaman Masjid Ainul Yaqin Kota Kasongan, Senin 1 Agustus 2022.

Turut hadir juga unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Sejumlah Kepala SOPD, Kemenag Katingan, Ketua MUI Katingan, Ketua FKUB Katingan, tokoh agama, tokoh masyarakat/organisasi dan saudara atau kerabat dari Jemaah Haji yang hadir.

Sekda Katingan Pransang mengatakan penyambutan kedatangan mereka ini adalah merupakan bentuk wujud syukur, bahwa perjalanan para jemaah haji berjalan dengan baik.

“Atas nama pemerintah daerah, kami mengucapkan terima kasih kepada petugas, yang telah bekerja keras dalam membimbing dan membantu seluruh rangkaian kegiatan haji dari awal keberangkatan sampai pulangnya di Tanah Air ini,” jelas Pransang.

Dirinya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada jemaah yang telah menjaga kebesaran nama baik Bangsa Indonesia dihadapan Negara selama berada di Tanah Suci Mekkah serta menjaga nama baik daerah.

“Hal ini tentunya patut kita bersyukur bahwa jemaah haji kita dalam keadaan sehat wal’afiat, dan selamat sampai kampung halaman bertemu dengan keluarganya masing-masing,” jelas Mantan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (PMD) Katingan ini.

Pransang berpesan kebiasaan saat melaksanakan rukun Iman yang kelima di Tanah Suci Mekkah, tentunya dapat dicontohkan semua Jemaah Haji dalam kehidupan sehari-hari.

“Saya doa kan, semua Jemaah Haji Katingan menjadi haji yang Mabrur,” pungkasnya.

Laporan Ketua Panitia, Ahmad Rubama mengatakan Jemaah Haji Katingan tergabung dalam kloter 6 yang bersamaan dengan jemaah haji dari Kabupaten Kapuas, Barito Utara, Sukamara, Seruyan, Barito Timur dan Murung Raya yang tiba di embarkasi Banjar Baru pada Senin 1 Agustus 2022 pukul 01.30 WITA.

“Alhamdulillah, Kedatangan semua Jemaah Haji Katingan dalam keadaan sehat dan selamat. Total semua ada 46 orang yang berasal dari Kecamatan Katingan Tengah 13 orang, dan Katingan Hilir ada sebanyak 33 orang. Sehingga total ada 46 orang, terdiri dari 23 laki-laki dan 23 perempuan,” jelasnya. (Rul/Anggra)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *