Mahasiswa KKN Kebangsaan di Desa Sei Baru Tewu Adakan Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Teknologi

 Mahasiswa KKN Kebangsaan di Desa Sei Baru Tewu Adakan Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Teknologi

FOTO : Mahasiswa KKN Kebangsaan di Desa Sei Baru Tewu bersama ibu-ibu PKK desa setempat, saat melaksanakan pelatihan. Kewirausahaan, membuat keripik Kelakai, Senin (01/08/2022). 

Kaltengnews.co.id – PULANG PISAU – Kelompok mahasiswa KKN Kebangsaan Desa Sei Baru Tewu, Kecamatan Maliku, Kabupaten Pulang Pisau memiliki program kerja (Proker) di bidang pendidikan kewirausahaan, yakni dengan cara mengadakan pelatihan kewirausahaan berbasis teknologi, ditujukan khususnya bagi ibu-ibu PKK desa setempat. Kegiatan dilaksanakan di ruang Posyandu Desa Sei Baru Tewu, Senin (01/08/2022).

Kepada redaksi Kaltengnews.co.id, Dosen Pendamping Lapangan (DPL) KKN Kebangsaan ke-X di Desa Sei Baru Tewu, Dr. Mutia Evi Kristhy., SH., M.Hum menyampaikan adapun tujuan pelatihan kewirausahaan berbasis teknologi ini, untuk mendorong ibu-ibu di Desa Sei Baru Tewu agar mampu menerapkan ilmu produktifitas dan teknologi, sebagai pola hidup untuk lebih baik dan maju, dengan memanfaat potensi sumber daya alam (SDA) desa, salah satunya adalah tumbuhan kelakai yang terbilang cukup melimpah.

“Melalui pelatihan kewirausahaan ini, diharapakan pula bisa menjadi sumber pendapatan tambahan, dari ibu-ibu PKK desa setempat, dalam menunjang peningkatan ekonomi keluarga,” tulis Dr. Mutia Evi Kristhy, melalui pesan WhatsApp pribadinya.

Dr. Mutia Evi Kristhy yang sekarang juga menjabat selaku Kaprodi Magister (S2) Ilmu Hukum FH UPR ini juga mengatakan mahasiswa KKN dampingannya, juga membantu membuat desain kemasan produk keripik Kelakai, supaya lebih menarik dan lebih mudah dalam pemasaran, serta diminati para pembeli.

“Selain itu, kelompok mahasiswa KKN Kebangsaan di Desa Sei Baru Tewu juga membantu memasarkan produk keripik kelakai hasil olahan ibu-ibu PKK secara online melalui website desa maupun beberapa sosial media yang ada,” ujarnya.

Dirinya juga berharap, kedepan warga desa Sei Baru Tewu, khususnya para ibu rumah tangga dan ibu-ibu PKK desa setempat, dapat lebih mandiri dalam mengembangan kewirausahaan mereka guna menunjang perekonomian warga desa.

Disisi lain, menurut anggota PKK Desa Sei Baru Tewu ibu Ipaw menyampaikan kegiatan pelatihan ini, dinilai sangat positif dan bermanfaat. Karena, selain bisa menambah pengetahuan, juga bisa menjadi salah satu alternatif sumber pendapatan keluarga.

“Animo dari ibu-ibu PKK desa ini sangat tinggi, bahkan mereka pun sangat berantusias mengikuti seluruh penjelasan yang disampaikan oleh mahasiswa KKN. Ilmu pengetahuan, terkait pengolahan kripik kalakai sangat bagus untuk dipelajari dan dipraktekkan,” ucap ibu Ipaw yang juga merupakan istri dari Sekretaris Desa Sei Baru Tewu.

Ibu Ipaw juga yakin, kewirausahaan keripik kelakai bisa berkembang di desa ini, mengingat bahan-bahan untuk proses pembuatan keripik kelakai yang murah dan terjangkau, serta sangat mudah ditemukan.

Sebagai informasi, adapun kelompok mahasiswa KKN Kebangsaan di Desa Sei Baru Tewu, Kecamatan Maliku, Kabupaten Pulang Pisau, berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, diantaranya Septina (Universitas Palangka Raya); Alysa Latika Amatullah (Universitas Airlangga).

Kemudian, Nurul Mutia Putri (Universitas Tanjungpura); Keyvin Rembon (Universitas Samratulangi);  Lisa Sari Mulia (Universitas Palangka Raya); Sarmila Marliani (Universitas Palangka Raya); Ripdatul Hasanah (Universitas Palangka Raya); Saurdot Pakpahan (Universitas Palangka Raya); Marsito (Universitas Palangka Raya); serta Hordova Rayauda (Universitas Palangka Raya). (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *