Kuliah Umum, Prof Eddy : Jangan Pernah Takut Memulai Usaha Sektor Perikanan 

 Kuliah Umum, Prof Eddy : Jangan Pernah Takut Memulai Usaha Sektor Perikanan 

FOTO : Prof. Dr. Ir. H. Eddy Suprayitno, MS. saat menjadi pemateri pada kegiatan Kuliah Umum Prodi S1 Teknologi Hasil Perikanan Jurusan Perikanan Fakultas Pertanian UPR. Kegiatan berlangsung di Aula Rahan, Lantai 2 Gedung Rektorat UPR, Jalan Hendrik Timang, Kota Palangka Raya, Jumat (26/08/2022) siang.

 

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Program Studi (Prodi) S1 Teknologi Hasil Perikanan Jurusan Fakultas Pertanian Universitas Palangka Raya menggelar kuliah umum, dengan menghadirkan narasumber Prof. Dr. Ir. H. Eddy Suprayitno, MS. Kegiatan berlangsung di Aula Rahan, Lantai 2 Gedung Rektorat UPR, Jalan Hendrik Timang, Kota Palangka Raya, Jumat (26/08/2022) siang.

Secara umum pada kuliah umum tersebut, Prof. Dr. Ir. H. Eddy Suprayitno, MS. menyampaikan materi terkait Optimalisasi Pangan Lokal Kurangi Pangan Impor.

Dimana, maksudnya masyarakat harus memiliki suatu keyakinan, supaya bisa memaksimalkan segala potensi sumber daya yang dimiliki, baik itu sumber daya alam (SDA) maupun sumber daya manusia (SDM) terlebih dalam rangka menciptakan ketahanan pangan secara mandiri.

Usai kegiatan, Prof. Dr. Ir. H. Eddy Suprayitno, MS menyampaikan masyarakat harus mampu menciptakan ketahanan pangan secara mandiri. “Masyarakat harus memiliki suatu keyakinan untuk menciptakan ketahanan pangannya secara mandiri. Jangan pernah merasa dibayang-bayangi rasa ketakutan, untuk menciptakan ketahanan pangan dan usaha secara mandiri. Karena, sumber daya alam kita sangat melimpah, dan didukung pula dengan kemampuan sumber daya manusia yang memadai,” ucapnya.

 

FOTO : Prof. Dr. Ir. H. Eddy Suprayitno, MS. saat menjadi pemateri pada kegiatan Kuliah Umum Prodi S1 Teknologi Hasil Perikanan Jurusan Perikanan Fakultas Pertanian UPR. Kegiatan berlangsung di Aula Rahan, Lantai 2 Gedung Rektorat UPR, Jalan Hendrik Timang, Kota Palangka Raya, Jumat (26/08/2022) siang.

 

Dirinya juga mendorong kalangan milenial yang notabene rata-ratanya adalah mahasiswa, supaya bisa lebih memaksimalkan potensi, inovasi dan kreatifitasnya. “Untuk itu, dibutuhkan sebuah nyali dan keberanian. Jangan, pernah ragu selama itu ada niat, usaha, tekad dan komitmen, keseriusan dan ketekunan untuk menjalankan usaha yang ada. Karena, usaha apa saja yang dijalankan, bila tidak didukung itu semua, maka hasilnya akan menjadi percuma,” ujarnya.

Lanjut Guru Besar FPIK Universitas Brawijaya (UB) Malang ini juga mengatakan prospek sektor perikanan di Kalimantan Tengah terbilang cukup melimpah, terlebih Kalimantan Tengah yang terkenal dengan sungainya yang banyak.

“Untuk itu, saya sangat mendorong adik-adik mahasiswa agar jangan pernah takut untuk memulai usaha kreatif di sektor perikanan. Karena, khususnya sektor perikanan di Kalimantan Tengah masih memiliki peluang sangat besar, bila itu ditekuni secara serius, disertai dengan suatu keberanian” ungkapnya.

Lebih dalam, dirinya juga meminta kepada mahasiswa yang juga kalangan milenial di Kalimantan Tengah agar terus mengasah ide kreatifitas dan inovasinya dalam membuat suatu usaha.

“Karena, sekarang kondisinya sangat berbeda, dimana setiap lulusan dari perguruan tinggi, diharapkan tidak lagi hanya menjadi seorang pekerja, tapi justru menjadi seorang pemilik usaha yang bisa mempekerjakan orang banyak. Intinya, saya memotivasi adik-adik mahasiswa agar merubah paradigma, setelah lulus tidak lagi berorientasi mencari pekerjaan, tapi lebih pada menciptakan pekerjaan ataupun usaha kreatif, terlebih di sektor perikanan,” imbuhnya.

Sementara itu, Dekan Faperta UPR Dr. Ir. Sosilawaty, MP yang diwakili oleh Wakil Dekan Faperta UPR Bidang Akademik Dr. Ir. Nyahu Rumbang, MP menyampaikan pertanian dalam arti luas, sampai kapanpun tidak akan pernah mati.

“Ketika orang masih mengkonsumsi ikan, daging, beras dan lain sebagainya, maka sampai kapan pun pertanian tidak akan pernah mati. Melalui kuliah umum yang dilaksanakan hari ini, banyak hal yang telah kita dapat. Untuk itu, saya berharap kepada mahasiswa di Prodi S1 Teknologi Hasil Perikanan Jurusan Perikanan Fakultas Pertanian UPR agar dapat terus bersemangat menjalani kuliahnya, karena banyak sekali gambaran kedepan yang dapat kita lakukan, sebagaimana disampaikan oleh narasumber tadi,” ujarnya.

Tidak lupa, Dr. Nyahu Rumbang juga menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada panitia yang telah menyelenggarakan kuliah umum yang dinilai sangat bermanfaat bagi mahasiswa.

 

FOTO : Penyerahan Cinderamata dari Wakil Dekan Faperta UPR Bidang Akademik Dr. Ir. Nyahu Rumbang, MP (kiri) kepada pemateri Prof. Dr. Ir. H. Eddy Suprayitno, MS (kanan)

 

Terkhusus, kepada narasumber bapak Prof. Dr. Ir. Eddy Suprayitno, MS yang telah memberikan materi kuliah umum kepada mahasiswa Prodi Perikanan Faperta UPR, guna memberikan gambaran, motivasi dan bekal untuk masa depan mereka.

Sebagai informasi, kuliah umum ini diikuti oleh puluhan mahasiswa dan dosen dari Prodi S1 Teknologi Hasil Perikanan Jurusan Perikanan Fakultas Pertanian UPR, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Diakhir kegiatan, juga dilakukan penyerahan cinderamata kepada pemateri Prof. Dr. Ir. H. Eddy Suprayitno, MS yang diserahkan oleh Dekan Faperta UPR Dr. Ir. Sosilawaty, MP yang diwakili oleh Wakil Dekan Faperta UPR Bidang Akademik Dr. Ir. Nyahu Rumbang, MP. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *