DKPP Gumas Dompleng Produktifitas Bibit Ikan, Begini Caranya …

 DKPP Gumas Dompleng Produktifitas Bibit Ikan, Begini Caranya …

KALTENGNEWS.CO.ID, GUNUNG MAS- Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Gunung Mas mulai akan mengganti indukan untuk bibit ikan. Upaya tersebut untuk meningkatkan produktifitas.

Kepala DPKP Gumas Hansli Gonak mengatakan, penggantian indukan dilakukan terhadap jenis ikan Gurame, Nila dan Patin. Hal itu dilakukan agar semua target yang telah ditentukan pada setiap jenis ikan khususnya di balai benih ikan (BBI) Kurun Seberang bisa tercapai.

“Langkah yang kami lakukan yakni mempersiapkan indukan, di setiap jenis ikan baik itu Gurame, Patin dan Nila, mengingat kembali sudah ada target benih yang harus dicapai,” ucap Hansli Gonak, Jumat (5/8/2022).

Hansli menjelaskan, untuk usia indukan rata-rata minimal satu tahun. Sehingga harus dikembangkan sebagai indukan. Lalu, ujarnya, langkah kedepan pada tahun 2023 pihaknya akan mengusulkan indukan dengan menggunakan dana dari dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) di dinas tersebut.

“Tahun depan kita akan membelikan indukan secara khusus untuk Indukan tambahan di tiga komuditas ikan Nila, Gurame, dan Patin untuk mengantisipasi ikan yang tidak produktif itu,” ujarnya.

Benih tiga jenis ikan tadi begitu diminati masyarakat untuk dibudidayakan. Bahkan, permintaan dari pemerintah desa juga cukup tinggi dalam hal mengembangkan Bumdes.

“Sekarang ini permintaan pembelian bibit ikan yang sering juga yaitu dari Pemdes dalam rangka ketahanan pangan nasional itu, yang menggunakan dana desa dari 20 persen, karena itu bisa juga digunakan untuk membeli benih ikan dan pakan ikan,” tandas dia.(nya)

Roni Sahala

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!