DAD Kalteng Masa Bhakti 2021-2026 Gelar Silahturahmi Internal dan RAKERDA

 DAD Kalteng Masa Bhakti 2021-2026 Gelar Silahturahmi Internal dan RAKERDA

FOTO : Ketua Umum DAD Kalteng H. Agustiar Sabran, S.I.Kom dalam kegiatan Silahturahmi Internal dan RAKERDA DAD Kalteng Masa Bhakti 2022-2026, Senin (15/08/2022). (Foto IST.)

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar Kegiatan Silahturahmi Internal dan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Pengurus Daerah Masa Bhakti 2021-2026. Kegiatan dilaksanakan di ruang pertemuan Hotel Aquarius, Jalan Imam Bonjol, Kota Palangka Raya, Senin (15/08/2022) pagi.

Kegiatan dihadiri oleh Ketua Umum DAD Kalteng H. Agustiar Sabran, S.I.Kom; Ketua Harian DAD Kalteng Dr. Andrie Elia, SE., MSi beserta sejumlah pengurus DAD Kalteng Masa Bhakti 2021-2026, dan dihadiri oleh unsur lembaga dan tokoh adat dari 13 kabupaten 1 kota Se-Kalimantan Tengah.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Umum DAD Kalteng H. Agustiar Sabran menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta Rakerda DAD Kalteng yang berasal dari berbagai daerah di Kalimantan Tengah.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat silahturahmi bersama pengurus DAD Kalteng Masa Bhakti 2021-2026, beserta unsur lembaga dan tokoh adat dari seluruh daerah di Kalimantan Tengah. Meski kegiatan ini dikatakan rapat kerja, tapi alangkah baiknya untuk kita bisa saling kenal dan saling mengakrabkan diri, melalui kegiatan Hasupa Hasundau,” ungkapnya.

Lanjut H. Agustiar mengatakan melalui silahturahmi ini, diharapkan dapat menjalin sinergitas, kolaborasi dan berdiskusi bersama unsur lembaga dan tokoh adat, dalam bingkai keberagaman. Dimana, harapannya melalui pertemuan ini juga bisa menghasilkan sejumlah program kerja strategis DAD Kalteng kedepannya.

“Selain itu, saya juga berharap sebelum dilantik besok Selasa (16/08/2022), seluruh pengurus DAD Kalteng Masa Bhakti 2021-2026, tentunya memiliki keinginan untuk mengayomi berbagai lembaga adat Dayak dan Tokoh. Hal ini, guna memudahkan koordinasi dan kerjasama untuk mencari solusi dan menyusun program kerja. Mengingat, DAD Kalteng ini bukan ormas, tetapi lembaga yang terbentuk atas landasan Perda Kalimantan Tengah No. 16 Tahun 2008 tentang Kelembagaan Adat Dayak di Kalimantan Tengah,” terangnya.

Lebih dalam, Dirinya juga menyebutkan dalam DAD Kalteng, juga ada perangkat koordinasi, yakni Batamad, Damang hingga Mantir Adat. Dimana, rencana kerja dari semua perangkat tersebut nantinya akan menjadi masukan untuk DAD untuk melaksanakan tugasnya berdasakan Perda tesebut.

“Jika kita semua perangkat adat ini bisa bersatu, maka akan mudah untuk berkodinasi, mencari informasi dan mengantisipasi jika ada persoalan yang menyangkut adat. Karena keberadaan DAD ini mengayomi berbagi lembaga adat dan begitu tokoh adat, jadi sebelum pelantikan, mari kita bersama unsur tersebut saling berkomitmen dan bersinergis untuk melestarikan kearifan lokal kita,” ujarnya menambahkan.

Sebagai informasi, sebelumnya pada keputusan MUSDA III DAD Kalteng pada tanggal 07 November 2021 dengan Nomor Keputusan Kep-05/MUSDA-III-DAD/XI/2021 telah terpilihlah ketua DAD periode 2021-2026. Saat itu, struktur dan komposisi pengurus DAD belum dilantik. Hal ini karena kondisi pandemi Covid-19 dan kondisi lain yang tidak memungkinkan.

Hingga akhirnya, setelah melihat kondisi telah kondusif, maka pelantikan direncanakan pada Selasa tanggal 16 Agustus 2022 di Aula Jayang Tingang kantor Gubernur Kalteng.

Sesuai dengan keputusan Majelis Adat Dayak Nasional Nomor 035/MADN/SK/IV/2022 terdapat delapan orang dewan kehormatan yang diketuia Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran. Kemudian 17 orang dewan pertimbangan yang diketuai Lewis KDR,BA.

Ada 25 orang Dewan Pakar yang diketuai Drs Napa J Awat SU yang juga mantan Rektor UPR periode 2001-2005.

Sementara itu, untuk susunan pengurus DAD Kalteng Masa Bhakti 2021-2026, terdiri dari satu Ketua Umum yaitu H Agustiar Sabran S.Kom, wakil ketua umum/harian yakni Dr Andrie Elia SE MSi yang juga Rektor UPR saat ini, wakil ketua umum ada enam yakni Drs Walter S Penyang, Dr Bulkani MPd, Dr HM Wahyudie F Dirun SP MM, ibu Tuty Dau, Ir Leonard S Ampung MT dan Dr Tiwi Etika PhD. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *