Berharap Keanekaragaman dan Kekayaan SDA Kalteng Tetap Lestari 

 Berharap Keanekaragaman dan Kekayaan SDA Kalteng Tetap Lestari 

FOTO : Ketua Komisi II DPRD Kalteng bidang Sumber Daya Alam (SDA) dan Perekonomian, H. Achmad Rasyid. 

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Idealnya keanekaragaman dan kekayaan alam di wilayah Kalimantan Tengah, dapat terus dilestarikan oleh pemerintah, swasta, pihak terkait lainnya dan masyarakat.

Hal ini, seperti diutarakan oleh Ketua Komisi II DPRD Kalteng bidang Sumber Daya Alam (SDA) dan Perekonomian, H. Achmad Rasyid, Kamis (11/08/2022).

“Saat ini, Kalimantan Tengah merupakan provinsi terluas di Indonesia, setelah Papua pada beberapa waktu lalu resmi dimekarkan. Untuk itu, SDA yang dimiliki juga sangat melimpah, dan hal itu patut disyukuri serta dijaga oleh semua pihak, dengan melestarikannya maupun memanfaatkannya secara bijak,” ujarnya.

Lanjut Legislator dari Fraksi Partai Gerindra DPRD Kalteng ini juga mengutarakan masyarakat Kalimantan Tengah hendaklah patut bersyukur, karena dilimpahi alam yang luar biasa seperti ini.

“Tinggal, bagaimana kedepan dapat di manfaatkan bagi kesejahteraan masyarakat luas, dan tentu didalam memanfaatkannya juga jangan sampai berlebihan, sehingga bisa mengakibatkan kepunahan,” ujarnya lagi.

Dia mengungkapkan perlu disadari, provinsi ini banyak memiliki SDA melimpah seperti berbagai satwa maupun tanaman yang twrgolong langka. Hal itulah yang patut dijaga serta dilestarikan. Bukan hanya menjadi tugas pemerintah saja tapi juga masyarakat secara menyeluruh.

“Guna memaksimalkan dalam upaya perlindungan, tentu lemerintah juga perlu melakukan sosialisasi terkait pemanfaatan alam yang baik dan sesuai aturan, sehingga hal tersebut dapat menumbuhkan kesadaran semua pihak,” ujarnya.

Dirinya juga berharap, seluruh elemen khususnya di kalteng ini mampu memelihara kekayaan alam yang dimilki Bumi Tambun Bungai demi generasi yang akan datang, sehingga tidak terjadi kepunahan maupun kelangkaan.

“Seperti halnya satwa orang utan, burung enggang dan lain-lain semua itu harus dijaga untuk dapat di lihat kembali oleh generasi yang akan datang. Semoga hal ini dapat terus disadari oleh kita dan mampu di nikmati oleh generasi mendatang,” tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *