‘Bandel’ Tidak Sediakan Lahan Plasma, Dewan Dukung Sikap Tegas Bupati Seruyan 

 ‘Bandel’ Tidak Sediakan Lahan Plasma, Dewan Dukung Sikap Tegas Bupati Seruyan 

FOTO : Anggota Komisi II DPRD Kalteng bidang Sumber Daya Alam (SDA) dan Perekonomian Fajar Hariady. 

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Anggota Komisi II DPRD Kalteng bidang Sumber Daya Alam (SDA) dan Perekonomian Fajar Hariady menyampaikan apresiasi, sekaligus pula mendukung sikap tegas Bupati Seruyan Yulhaidir yang memberikan ultimatum, terhadap salah satu perusahaan perkebunan sawit yang beroperasional di wilayah setempat, lantaran tidak patuh terhadap aturan perundang-undangan, terkait kewajiban perusahaan untuk menyediakan lahan kebun plasma bagi masyarakat setempat.

Dikatakan Fajar, berdasarkan kabar yang didapat bahwa Bupati Seruyan Yulhaidir yang juga selaku Ketua Asosiasi Kabupaten Penghasil Sawit Indoensia (AKPSI) sangat serius memperhatikan persoalan tersebut.

“Apa yang beliau (Yulhaidir, red) sampaikan memang benar bahwa dalam SK pelepasan kawasan oleh KLHK ada alokasi 20% untuk perkebunan masyarakat. Hal tersebut merupakan bentuk kepedulian negara dalam rangka ketersediaan lahan untuk memenuhi Peraturan Menteri Pertanian Nomor 26 tahun 2007,”  tulisnya melalui pesan WhatsApp pribadinya baru-baru ini.

Lanjut Wakil Rakyat asal Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng II, meliputi Kabupaten Kotawaringin Timur dan Seruyan ini juga mengatakan bahwa setiap perusahaan perkebunan harus memfasilitasi minimal 20 persen dari luasan perkebunannya, untuk dijadikan kebun plasma.

Selain itu juga dalam Peraturan Presiden (Pepres) Nomor 86 Tahun 2018 tentang TORA juga disebutkan, dalam rangka Pemberian, Perpanjangan dan Pembaharuan HGU ada alokasi minimal 20% untuk kebun masyarakat.

“Jadi, itu semuanya sudah sangat jelas dasar hukum sumber lahan, untuk pembangunan kebun plasma masyarakat sekitar. Saya salut dan sangat mendukung kebijakan Bupati Seruyan Yulhaidir. Saya berharap, melalui ini bisa menjadi contoh untuk semua daerah, terlebih khususnya di wilayah Kalimantan Tengah,” tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *