Air Meluber ke Jalan Deras, Akses Kasongan – Sampit Macet

 Air Meluber ke Jalan Deras, Akses Kasongan – Sampit Macet

FOTO : Suasana ruas jalan Tjilik Riwut Km 18 arah Kereng Pangi – Kota Sampit Kotim, mengalami kemacetan, Kamis 4 Agustus 2022.

KALTENGNEWS.co.id – KASONGAN – Arus lalu lintas Jalan Tjilik Riwut Km 18 arah Kasongan – Sampit mengalami kemacetan sepanjang 1 km lebih, Kamis 4 Agustus 2022, sekira pukul 15.30 WIB.

Itu disebabkan badan jalan terendam air kurang lebih 30 cm. Pasalnya, wilayah Katingan sejak siang hari sampai sore di landa hujan cukup deras hingga air meluber ke jalan.

Salah satu penyebabnya juga menurut masyarakat setempat, di lokasi tersebut terjadi pendangkalan tanah atau pasir yang menutup drainase saluran air untuk dialiri ke arah sungai. Dengan demikian genangan air cukup lama menurun.

Terlihat juga saat melewati jalan yang tergenang air, banyak masyarakat tertib antre atau bergantian dengan dibantu oleh Anggota Satlantas Polres Katingan yang bertugas demi lancarnya arus lalu lintas darat.

Saat dikonfirmasi, Kapolres Katingan AKBP Paulus Sonny Bahkti Wibowo, melalui Kasatlantas Polres Katingan Iptu Lenina Olin mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan bersabar saat melintasi jalur lalu lintas darat jalan Tjilik Riwut Km 18 arah Kereng Pangi Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan – Kota Sampit, Kotim.

“Diperkirakan kedalaman kurang lebih sekitar 30 Cm. Sampai saat ini arus lalu lintas tetap lancar karena anggota kita sudah melaksanakan pengaturan lalu lintas. Sampai saat ini genangan air sudah menurun,” jelas Kasatlantas Polres Katingan Iptu Lenina Olin.

Walaupun genangan air sudah mulai menurun, masyarakat penguna kendaraan roda dua maupun roda empat untuk tetap berhati-hati dan harus bergantian. Sebab, ada sisi sebelah Kanan jalan ada yang berlumbang akibat tergerus derasnya air yang menggenangi jalan di lokasi ini. Hingga malam ini anggota Satlantas masih melakukan patroli.

“Sekali lagi kami mengimbau kepada masyarakat harus tetap bersabar dan berhati-hati. Saat perjalan juga diminta selalu melengkapi surat-surat kendaran, begitu juga apabila merasa lelah ataupun keadaan agak mengantuk. Maka disarankan untuk berhenti dan beristirahat terlebih dulu demi keselamatan berkendara,” pungkasnya. (rul/anggra)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *