Upaya Menjaga Food Estate, Kelompok KKN Kebangsaan ke-X Desa Tambun Raya Tanam Sayur-Sayuran

 Upaya Menjaga Food Estate, Kelompok KKN Kebangsaan ke-X Desa Tambun Raya Tanam Sayur-Sayuran

FOTO : Kelompok KKN Kebangsaan ketika Melakukan kegiatan Penanaman Timun, Jagung dan kacang di Desan Tambun Raya

Kaltengnews.co.id – KAPUAS – Upaya mempertahankan program food estate di tanah Kalimantan, tepatnya di Desa Tambun Raya Kecamatan Basarang, Kabupaten Kapuas.

Kelompok KKN Kebangsaan ke-X Desa Tambun Raya yang beranggotakan Khoirul Umam Addzaky (UIN Raden Intan Lampung), Debora Flouresenza (UPR), Inka Risthi (UPR), Melinda Karim (Universitas Negeri Gorontalo), Yuliasari (UPR), Dhea Angelina (UPR), Horas Tambunan (UPR), Timang (UPR), Alfiah Saputri ( Universitas Sulawesi Barat ), dan Ahmad Mahdi (UPN Veteran Jakarta)

Melakukan kegiatan Penanaman Timun, Jagung dan kacang sebagai upaya menjaga food estate.

Dosen Pendamping Lapangan (DPL), Dr. Ir. Revi Sunaryati, MM menyampaikan saat ini mahasiswa tengah memanfaatkan lahan yang sedikit di pinggiran Rai (sungai kecil) untuk ditanami timun dan kacang serta jagung.

“kegiatan ini nantinya juga akan menambah penghasilan perekonomian masyarakat setempat meskipun lahan yang ditanami belum maksimal,” kata Revi, Sabtu (30/7/2022)

Warga Desa Tambun Raya, Taufik menyampaikan Proses penanaman ini dilakukan dimulai dari, pengolahan lahan menggunakan bajak kecil, lalu lahan tadi di campurkan oleh kapur dolomit, npk, dan kohei sapi yang sudah di aduk rata.

“Setelah itu di bajak kembali guna menetralkan kandungan tanah yang masih asli. Setelah itu, seminggu kemudian baru bisa ditanami,” tutup Taufik.(YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *