Penyediaan Air Bersih dan Cegah Stunting Jadi Proker Mahasiswa KKN Kebangsaan ke-X di Selat Hulu 

 Penyediaan Air Bersih dan Cegah Stunting Jadi Proker Mahasiswa KKN Kebangsaan ke-X di Selat Hulu 

FOTO : Mahasiswa KKN Kebangsaan ke-X di Kelurahan Selat Hulu, Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas saat berkoordinasi ke Kantor PDAM Kapuas, Senin (25/07/2022). Foto IST.  

Kaltengnews.co.id – KAPUAS – Kelompok KKN Kebangsaan ke-X di Kelurahan Selat Hulu, Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas melaksanakan program kerja (Proker) di bidang kesehatan, dengan memediasi aspirasi atau keinginan masyarakat, khususnya di RT 26 Kelurahan Selat Hulu, untuk bisa mendapatkan pemasangan sambungan dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) setempat secara gratis.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Ketua Kelompok KKN Kebangsaan ke-X di Kelurahan Selat Hulu Fitri Kusuma kepada redaksi Kaltengnews.co.id, melalui pesan WhatsApp pribadinya, Rabu (27/07/2022).

Fitri menerangkan adapun tujuan dari program kerja ini adalah untuk memediasi aspirasi atau keinginan masyarakat di RT. 26 Kelurahan Selat Hulu, Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas yang mengharapkan adanya pemasangan sambungan PDAM secara gratis, guna memenuhi kebutuhan air bersih di wilayah setempat.

“Kegiatan yang kami laksanakan, yakni pada hari Senin 25 Juli 2022 kemaren, kami mencoba untuk berkoordinasi, sekaligus mengajukan permohonan kepada pihak PDAM setempat agar aspirasi tersebut bisa ditindaklanjuti sebagaimana menjadi harapan masyarakat setempat,” ujarnya.

Dirinya juga mengatakan kegiatan ini sekaligus pula sebagai bentuk dari perwujudan program kerja di bidang Kesehatan, khususnya sebagai upaya pencegahan stunting, yakni dengan mengupayakan penyediaan air bersih. Dimana, kegiatan ini bekerja sama dengan pihak PDAM dan Dinas Pekerja Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kapuas.

Dijelaskannya, kegiatan yang dilaksanakan, sekira pukul 08.00 WIB, mahasiswa KKN Sahat Parulian Marpaung dan Muhammad Saiful Ridwan berkoordinasi ke Kantor PDAM Pemerintah Kabupaten Kapuas, Jalan Mahakam No. 55 Kalimantan Tengah.

Kemudian, sekira pukul 10:00 WIB Sahat Parulian Marpaung dan Muhammad Saiful Ridwan, kembali berkoordinasi ke Kantor Dinas PUPR Kapuas.

Sebagai tindaklanjutnya, Dinas PUPR setempat mendata setiap rumah warga yang belum teraliri air bersih. Kemudian, data yang terhimpun akan dikoordinasikan ke PDAM setempat, guna ditindaklanjuti sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

Sementara itu, Staf Pelayanan Langganan dan Pemasaran Farida Wulandari saat ditemui mahasiswa menyampaikan bahwa penyediaan saluran air PDAM gratis tidak disediakan oleh pihak PDAM.

“Namun, kegiatan tersebut dilakukan oleh Dinas Pekerja Umum, ketika PDAM menerima surat tugas dari Dinas PU, maka akan langsung diserahkan ke bagian perencanaannya untuk mensurvei dan melakukan pemasangan saluran air PDAM,” terang Farida.

Disisi lain, Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Rosita, SPi, MSi. menyampaikan kegiatan ini merupakan salah program kerja unggulan dari mahasiswa KKN Kebangsaan ke-X di Kelurahan Selat Hulu, khususnya di bidang kesehatan.

“Dimana, program kerja ini bertujuan sebagai upaya pencegahan stunting, sekaligus pula penyediaan air bersih bagi masyarakat setempat, dengan mendukung terciptanya pola hidup bersih dan sehat (PHBS) bagi masyarakat di Kelurahan Selat Hulu,” tandasnya.

Rosita berharap kepada pihak terkait di wilayah Kelurahan Selat Hulu, dapat memberikan dukungan terhadap program kerja yang dilaksanakan oleh adik-adik mahasiswa KKN Kebangsaan ke-X di Kelurahan Selat Hulu yang berasal dari sejumlah Perguruan Tinggi di Indonesia.

FOTO : Mahasiswa KKN Kebangsaan ke-X di Kelurahan Selat Hulu, Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas saat berkoordinasi ke Kantor Dinas PUPR Kapuas, Senin (25/07/2022). Foto IST.

Tidak hanya itu, Dirinya juga menyebutkan adapun mahasiswa KKN Kebangsaan ke-X di Kelurahan Selat Hulu, berjumlah 10 orang, yakni Muhammad Saiful Ridwan dari Pemerintahan, Universitas Muhammadiyah; Handi Prasetyo Utomo dari Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Indonesia.

Kemudian, Maya Situmorang dari Budidaya Pertanian, Universitas Palangka Raya; Khairil Bariah dari Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Universitas Syiah Kuala; Epi Susanti Sinaga dari Budidaya Pertanian, Universitas Palangka Raya.

Jamilah Ariyati dari Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Palangka Raya; Winda Ruth dari Ilmu Pendidikan Universitas Palangka Raya; Sahat Parulian Marpaung dari Teknik Pertambangan, Universitas Palangka Raya; Reza Adhitya Kartadiwi dari Akuntansi, Universitas Kristen Indonesia Paulus; dan Fitri Kusumaning Dyah dari Sosiologi, Universitas Jember. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!