Menjadikan Wartawan Profesional, PWI Bakal Gelar Orientasi Keorganisasian

 Menjadikan Wartawan Profesional, PWI Bakal Gelar Orientasi Keorganisasian

FOTO : Ketua PWI Kalteng HM Harris Sadikin. 

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) bakal menggelar kegiatan Karya Latih Wartawan (KLW) atau Orientasi Keorganisasian. Kegiatan tersebut, rencananya digelar di Gedung Pusat Pengembangan IPTEK dan Inovasi Gambut (PPIIG) UPR, pada hari Sabtu 16 Juli 2022 mendatang.

Adapun tujuan dari kegiatan KLW atau Orientasi Keorganisasian PWI, untuk menjadikan seorang wartawan menjadi profesional, sekaligus merupakan syarat mutlak bagi seorang wartawan untuk menjadi anggota PWI.

Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Provinsi Kalteng, Seventin Gustapatmi menyampaikan seorang wartawan yang ingin menjadi anggota, wajib mengikuti orientasi.

“Setelah melalui tahapan orientasi, selanjutnya mereka akan didaftarkan sebagai anggota muda PWI. Selama dua tahun berstatus anggota muda, baru bisa menaikan statusnya menjadi anggota biasa,” terangnya, Selasa (12/07/2022).

Lanjut Vivin sapaan akrabnya ini kembali menjelaskan sebagaimana diatur dalam Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga (AD-ART) PWI, ada dua tahapan seorang wartawan untuk bisa menjadi anggota PWI, yakni tahap pertama, seseorang wajib mengikuti orientasi keorganisasian untuk mendapatkan status sebagai anggota muda.

Kemudian, tahap kedua yakni seseorang wartawan wajib mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Setelah mengikuti dua tahapan tersebut, wartawan akan menyandang status anggota muda selama dua tahun.

“Lalu, setelah dua tahun dan syarat telah terpenuhi, baru bisa menaikan status menjadi anggota biasa. Tahapan tersebut, tidak lain untuk mendidik seorang calon anggota paham, serta mengerti bagaimana menyandang status sebagai anggota PWI. Tentunya PWI mempersiapkan wartawan profesional untuk direkrut sebagai anggota,” timpalnya.

Sambung wanita berkacamata yang supel bergaul ini juga menambahkan adapun materi yang akan disampaikan saat kegiatan tersebut, diantaranya pengenalan PD-PRT, Kode Perilaku Wartawan, Kode Etik Jurnalistik. Undang-Undang 40 tahun 1999 tentang Pers, maupun sejumlah pedoman pemberitaan.

Sementara itu, di tempat terpisah, Ketua PWI Kalteng HM Harris Sadikin mengatakan pentingnya menjadi wartawan profesional dalam era kemajuan teknologi.

Karena itu, pihaknya terus berupaya mempersiapkan kader-kader muda organisasi PWI, sehingga mampu menjaga sikap, etika, tata krama serta sopan santun, ketika bertugas di lapangan.

“Dalam rangka mewujudkan terciptanya wartawan profesional, maka PWI Kalteng terus merancang sejumlah program pelatihan, advokasi, serta berbagai kegiatan yang menambah ilmu pengetahuan. Program inti dari peningkatkan sumber daya wartawan di Kalteng, melalui UKW dan kegiatan Orientasi Keorganisasian,” ucapnya.

Pimpinan Redaksi Palangka Pos ini juga mengatakan hal yang paling penting sekarang, bukan berapa jumlah anggota yang dimiliki.

“Tetapi, bagaimana PWI mempunyai anggota yang berkualitas. Wartawan yang bernaung di bawah organisasi PWI, tetap profesional dalam bekerja, beretika, dan tidak melakukan pelanggaran hukum,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan selama masa kepengurusan PWI masa bakti 2019-2024, sudah banyak menggelar kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya wartawan.

Salah satunya, yakni melaksanakan UKW secara berkelanjutan, orientasi, pelatihan, seminar, workshop, maupun disimenasi yang bertemakan tentang profesionalisme wartawan.

“Kami dalam kepengurusan PWI, terus berkomitmen untuk mempersiapkan kader muda wartawan profesional yang menjadi anggota PWI. Anggota PWI harus mampu menjadi wartawan yang dihargai, dihormati, dan mempunyai kridibelitas tinggi dalam menjalankan profesi.” tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!