Mahasiswa KKN Kebangsaan ke-X di Selat Hulu Gelorakan Semangat Gotong Royong

 Mahasiswa KKN Kebangsaan ke-X di Selat Hulu Gelorakan Semangat Gotong Royong

FOTO : Mahasiswa KKN Kebangsaan ke-X di Kelurahan Selat Hulu, Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas, Bergotong Royong melakukan pengecatan gapura di RT. 28 kelurahan setempat.

Kaltengnews.co.id – KAPUAS – Kehadiran Mahasiswa KKN Kebangsaan ke-X di Kelurahan Selat Hulu, Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas tampaknya diterima dengan sangat baik oleh masyarakat setempat.

Sebab, program kerja yang dijalankan, memiliki makna mendalam, utamanya dalam rangka membangkitkan kembali semangat gotong royong yang merupakan budaya warisan leluhur bangsa. Dimana, seluruh program kerja yang dijalankan selalu melibatkan mahasiswa, TNI AD melalui Babinsa dan masyarakat setempat.

Sebagaimana disampaikan oleh Babinsa Kelurahan Selat Hulu, Serda Noor Kadam Amali menyampaikan program kerja yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN Kebangsaan ke-X di Kelurahan Selat Hulu dinilai sangat positif, dan memang patutlah didukung.

“Alhamdulillah, seluruh kegiatan mahasiswa KKN Kebangsaan di wilayah ini berjalan lancar, mulai dari pagi kegiatan di posko pembentukan panitia kegiatan hari kemerdekaan bersama bapak lurah selat hulu, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pengecatan gapura di RT 28,” ungkapnya.

 

FOTO : Mahasiswa KKN Kebangsaan ke-X di Kelurahan Selat Hulu, saat mengikuti rapat pembentukan panitia HUT RI ke-77 Tahun di wilayah setempat.

 

Serda Noor Kadam juga mengatakan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Kebangsaan ke-X di Kelurahan Selat Hulu juga diisi dengan kunjungan ke TPA Darul Falah pada sore harinya, sambil memberikan pengajaran ke santri/santriwati, dan itu semua berjalan dengan lancar.

“Hanya saja, kendalanya cuma tranportasi untuk menuju lokasi pembinaan warga yang sedikit terlambat, karena lumayan jauh. Itu harus bergantian antar jemput. Ya, Alhamdulillah respon dari warga sangat bagus, bahkan warga di sini sangat berharap, supaya kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN di wilayah ini, bisa dilakukan bergantian ke masing-masing RT,” ujar Serda Noor Kadam.

Sementara itu, Dosen Pendamping Lapangan (DPL) KKN Kebangsaan ke-X di Kelurahan Selat Hulu, Rosita, SPi., MS. menyampaikan bahwa mahasiswa dampingannya, hari ini telah melaksanakan sejumlah program kerja, baik itu bidang lingkungan, bidang sosial maupun bidang pendidikan. Kegiatan dilaksanakan pada hari Sabtu (23/07/2022) kemaren.

“Seluruh kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa, selalu melibatkan masyarakat setempat, mulai dari membersihkan dan mengecat gapura-gapura yang ada di wilayah ini. Kemudian, dilanjutkan dengan menjalankan program kerja di bidang sosial, yakni mengajak masyarakat setempat untuk bersama-sama bergotong-royong membersihkan lingkungan sekitarnya,” ujar DPL KKN Kebangsaan ke-X di Kelurahan Selat Hulu.

Sambung Rosita, mahasiswa juga melaksanakan kegiatan di bidang pendidikan. Dimana, mahasiswa juga membantu mengajar di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Darul Falah Selat Hulu, dalam rangka turut memperingati Hari Anak Nasional.

 

FOTO : Mahasiswa KKN Kebangsaan ke-X di Kelurahan Selat Hulu, Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas, Bergotong Royong melakukan pengecatan gapura di RT. 28 kelurahan setempat.

 

 

Selanjutnya, ia juga menyebutkan, adapun Kelompok KKN Kebangsaan ke-X di Kelurahan Selat Hulu yang menjadi dampingannya, terdiri atas 10 orang mahasiswa, berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, diantaranya Muhammad Saiful Ridwan dari Pemerintahan, Universitas Muhammadiyah; Handi Prasetyo Utomo dari Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Indonesia.

Kemudian, Maya Situmorang dari Budidaya Pertanian, Universitas Palangka Raya; Khairil Bariah dari Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Universitas Syiah Kuala; Epi Susanti Sinaga dari Budidaya Pertanian, Universitas Palangka Raya.

Jamilah Ariyati dari Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Palangka Raya; Winda Ruth dari Ilmu Pendidikan Universitas Palangka Raya; Sahat Parulian Marpaung dari Teknik Pertambangan, Universitas Palangka Raya; Reza Adhitya Kartadiwi dari Akuntansi, Universitas Kristen Indonesia Paulus; dan Fitri Kusumaning Dyah dari Sosiologi, Universitas Jember.

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!