Mahasiswa KKN Kebangsaan Bungai Jaya Tanamkan Peduli Lingkungan sejak Usia Dini

 Mahasiswa KKN Kebangsaan Bungai Jaya Tanamkan Peduli Lingkungan sejak Usia Dini

FOTO : Mahasiswa KKN Kebangsaan ke-X di Desa Bungai Jaya melaksanakan gerakan APEL di SDN 1 dan SDN 2 Bungai Jaya.

Kaltengnews.co.id – KAPUAS – Mahasiswa KKN Kebangsaan ke-X di Desa Bungai Jaya, Kecamatan Basarang, Kabupaten Kapuas melaksanakan program kerja di bidang lingkungan, yakni dengan menggelar Aksi PEduli Lingkungan (APEL). Dimana, program kerja ini ditujukan kepada siswa (i) SDN 1 dan SDN 2 Bungai Jaya. Kegiatan dimulai sejak hari Jumat 29 Juli 2022 kemaren.

Kepada redaksi Kaltengnews.co.id, Gamaliel selaku penanggungjawab kegiatan APEL menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman akan pentingnya menjaga lingkungan dari usia dini, dimulai dari siswa/i di SDN 1 dan SDN 2 Bungai Jaya.

Dikatakan Gamaliel, sebagaimana adanya ungkapan “Jika Tidak Mulai Hari Ini Kapan Lagi. Jika Tidak Kita, Siapa Lagi.” Hal inilah menjadi landasan pihaknya menggelar aksi peduli terhadap lingkungan.

“Aksi PEduli Lingkungan memang dicetus oleh mahasiswa KKN Kebangsaan Desa Bungai Jaya, dengan berbekal studi yang menyatakan bahwa dunia akan mengalami perubahan iklim yang sangat signifikan. Sebab itu, pentingnya penanaman pemahaman terhadap lingkungan sejak usia dini,” terangnya, Sabtu (20/07/2022).

Dirinya juga menerangkan kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman sekaligus kesadaran kepada siswa/i tentang pentingnya aksi peduli lingkungan, supaya kelestarian dan kualitas lingkungan tetap terjaga dengan sangat baik.

Aksi Peduli lingkungan ini dimulai pada jumat 29 Juli 2022 dan SDN 2 Bungai Jaya menjadi lokasi awal memulai aksi tersebut.

Kemudian, aksi dilakukan oleh siswa-siswi SDN 2 Bungai Jaya mulai dari membuang dan memilah sampah dengan benar serta tepat. Lanjut dengan menanam pohon ataupun bunga yang sudah siswa-siswi bawa dari rumah.

FOTO : Mahasiswa KKN Kebangsaan ke-X di Desa Bungai Jaya melaksanakan gerakan APEL di SDN 1 dan SDN 2 Bungai Jaya.

Bukan hanya siswa, tapi juga beberapa guru mengambil bagian dari aksi kepedulian yang digagas mahasiswa KKN Kebangsaan di Desa Bungai Jaya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 2 Bungai Jaya, Selamat Riyadi S.Pd, mengatakan aksi ini sangat bermanfaat untuk lingkungan sekolah.

“Kami mengucapkan Terima kasih banyak kepada adik-adik mahasiswa KKN Kebangsaan yang ada di Bungai Jaya ini yang sudah memberikan edukasi tentang lingkungan. Kami berharap dengan kegiatan ini yang langsung diinisiasi oleh mahasiswa, para siswa kami mampu memahami dan mempraktikkan terus apa yang disampaikan kakak-kakaknya dari mahasiswa KKN Kebangsaan ini.” ujarnya.

Selanjutnya APEL Jum’at Pagi (Aksi PEduli Lingkungan) akan dilaksanakan para mahasiswa KKN Kebangsaan berkolaborasi dengan SDN 1 Bungai Jaya.

Harapannya kegiatan ini menjadi pemantik bagi sekolah untuk menanamkan terus kepedulian lingkungan agar kehidupan di bumi terjaga dengan lingkungan yang baik. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *