KKN Kebangsaan ke-X Desa Pangkoh Hulu Adakan Pelatihan Digital Marketing

 KKN Kebangsaan ke-X Desa Pangkoh Hulu Adakan Pelatihan Digital Marketing

FOTO : KKN Kebangsaan ke-X dan KKN Bersama BKS PTN Barat usai mengadakan pelatihan digital marketing kepada siswa kelas X SMA N 1 Pandih Batu.

Kaltengnews.co.id – PULANG PISAU – Kemajuan teknologi sudah tidak dapat dikendalikan lagi sehingga mau tidak mau masyarakat sudah harus menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi tersebut.

Hal inilah yang melatarbelakangi Mahasiswa KKN Kebangsaan ke-X dan KKN Bersama BKS PTN Barat mengadakan pelatihan digital marketing kepada siswa kelas X SMAN 1 Pandih Batu.

Kegiatan yang dilaksanakan secara offline dan bertempat di aula SMAN 1 Pandih Batu, Selaku penanggung jawab kegiatan, Yenisa menyampaikan bahwa alasan kegiatan ini dilaksanakan di sekolah adalah karena siswa SMA merupakan kaum intelektual dengan tingkat Pendidikan paling tinggi di desa Pangkoh Hulu.

“sehingga mereka adalah kaum yang paling mudah untuk menerima dan menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi yang sudah tidak dapat dikendalikan lagi,” kata Yenisa, Sabtu (30/7/2022)

Nabila Putri Aditya selaku penanggung jawab kegiatan tersebut menuturkan hal senada bahwasanya kegiatan pelatihan ini penting dilaksanakan karena pada era 4.0 ini, semua sudah serba teknologi.

“Kegiatan Pelatihan Digital Marketing ini merupakan salah satu program unggulan dari mahasiswa KKN Kebangsaan yang ditempatkan di Desa Pangkoh Hulu, Kec. Pandih Batu, Kab. Pulang Pisau, Prov. Kalimantan Tengah,” bebernya.

Menanggapi kegiatan tersebut, Kepala Sekolah SMAN 1 Pandih Batu, Ary Gunanto menyampaikan ucapan terima kasih serta menyambut baik program kerja Pelatihan Digital Marketing yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN Kebangsaan di SMAN 1 Pandih Batu.

“Ini merupakan salah satu program perdana yang mahasiswa KKN berikan kepada kami. Pada dasarnya program pelatihan digital marketing ini dapat membawa dampak dalam pembelajaran mata pelajaran kewirausahaan di SMAN 1 Pandih Batu.

“Terlebih juga pada tahun ajaran 2022/2023 ini untuk pertama kalinya SMAN 1 Pandih Batu menerapkan kurikulum merdeka belajar, salah satunya adalah untuk penguatan profil pelajar Pancasila. Secara khusus terkait dengan tema kewirausahaan pelatihan yang diberikan oleh kakak-kakak KKN Kebangsaan ini sangat membantu sehingga nantinya siswa-siswa kami yang kelas X dapat menerapkannya dalam proyek penguatan profil pelajar Pancasila.” kata Ary

Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, Bahtyar menambahkan bahwa dirinya juga menyambut positif pelatihan tersebut.

“Tadi siswa-siswa kami sudah dilatih terkait dengan pelatihan digital marketing dimana apabila kita kaitkan dengan proyek penguatan profil Pancasila pelatihan tersebut akan sangat bermanfaat bagi siswa-siswi kami dalam mengembangkan usahanya melalui digital marketing” ucap Bahtyr.

Pelatihan Digital Marketing ini meliputi branding, packaging dan berfokus pada penggunaan aplikasi yaitu Canva, Shopee dan smartmockups.com. Pelatihan ini juga berfokus pada pembuatan branding suatu produk supaya lebih menarik dan bernilai jual sehingga produk ini dapat dipasarkan melalui e-commerce.

Sekedar informasi, kegiatan KKN Kebangsaan adalah kegiatan yang melibatkan mahasiswa dari seluruh penjuru Indonesia dan untuk tahun ini Palangka Raya terpilih sebagai tuan rumahnya. Terkhusus untuk desa Pangkoh Hulu sendiri pesertanya terdiri dari Jhon Paris Pasaribu dari Universitas Negeri Gorontalo, Nabila Putri Aditya dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Yenisa Jestin Ganindyatama dari Universitas Palangka Raya, Masaris dari Universitas Palangka Raya, Muhammad Aldri dari Universitas Negeri Padang, Rahmidiati dari Universitas Palangka Raya, Natalia Resoldes Lbn. Tobing dari Universitas Palangka Raya, Indah Noniika dari Universitas Palangka Raya, Andreyan Cesarianto dari Universitas Palangka Raya, Theressia Angel Lady Saragih dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, dan Silvani Permatasari, M.Biomed sebagai Dosen Pendamping Lapangan (DPL).(YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!