Dukung Pengembangan Lumbung Pangan dari Lahan Perkarangan

 Dukung Pengembangan Lumbung Pangan dari Lahan Perkarangan

FOTO : Pemanfaatan Lahan Pekarangan Bersama Kelompok Wanita Tani “Basirih Lestari”

Kaltengnews.co.id – KAPUAS – menjaga ketahanan pangan sesuai dengan tema dari KKN Kebangsaan dan KKN Bersama Tahun 2022 yaitu “Penerapan Falsafah Huma Betang sebagai Perwujudan NKRI untuk Mendukung Pengembangan Lumbung Pangan (Food Estate) Menuju Kemandirian Nasional”.

Kelompok KKN Kebangsaan X dan KKN Bersama BKS PTN Barat Tahun 2022 di Desa Sei Asam, Kecamatan Kapuas Hilir, Kabupaten Kapuas melaksanakan kegiatan Pemanfaatan Lahan Pekarangan Bersama Kelompok Wanita Tani “Basirih Lestari”, Selasa 26 Juli 2022 kemarin.

Dosen Pendamping Lapangan (DPL), Dr. Fatma Sarie, ST., MT , Siti Patimah, SP menyampaikan Dengan menanam sayur, hasil tanaman tersebut akan bisa bermanfaat baik dari segi ekonomis maupun konsumsi untuk masyarakat itu sendiri.

“Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini yaitu warga-warga Desa Sei Asam khususnya anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) Basirih Lestari dapat lebih menyadari manfaat dari lahan pekarangan yang masih kosong atau belum terisi agar bisa ditanami dengan beberapa jenis sayuran,” kata Fatma Sarie, Kamis (28/7/2022)

Adapun bibit yang disemai lanjut Fatma adalah cabai rawit, terong ungu dan tomat ceri. Dimana bibit ini berasal dari Institut Pertanian Bogor (IPB) yang dibawa langsung oleh mahasiswa IPB, yaitu Imam Taufik Hidayat.

Sekedar untuk diketahui, Kelompok KKN Kebangsaan ke-X di Desa Sei Asam, Kec. Kapuas Hilir, Kabupaten Kapuas yang beranggotakan 10 orang, yaitu Imam Taufik Hidayat (Institut Pertanian Bogor), Prisca Alvionita (Universitas Riau), Ade Mezha (Universitas Bangka Belitung), Celine Patricia Tiono (Universitas Palangka Raya), Raudhatus Sholehah (Universitas Palangka Raya), Rezikna (Universitas Tadulako), Allan Padang (Universitas Palangka Raya), Nur Wahyuni Widayati (IAIN Palangka Raya), Putri Namora Nasution (Universitas Palangka Raya), dan Elnatan Keningatko (Universitas Palangka Raya) .

Menanggapai kegiatan tersebut, Siti Patimah, SP selaku Penyuluh Pertanian mendapat antusias dari warga masyarakat khususnya kelompok wanita Tani Basirih Lestari Desa Sei Asam kec. Kapuas Hilir.

“pertemuan dengan anggota Kelompok Wanita Tani tentang pemanfaatan pekarangan yang mana kegiatan tersebut berupa pengolahan lahan dan membuat persemaian,” tutupnya.(YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!