Dewan Dorong Percepatan Pembangunan Infrastruktur Jalan Menuju IKN

 Dewan Dorong Percepatan Pembangunan Infrastruktur Jalan Menuju IKN

FOTO : Wakil Ketua II DPRD Kalteng H. Jimmy Carter.

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Wakil Ketua II DPRD Kalteng H. Jimmy Carter menyampaikan Kalimantan Timur telah ditetapkan sebagai Ibu Kota Negara (IKN).

Berkenaan hal tersebut, maka ia mendorong pemerintah agar dapat memprioritaskan atau mempercepat pembangunan infrastruktur jalan penghubung dari Kalimantan Tengah menuju IKN, begitupun sebaliknya. Dimana, rencananya pemerintahan akan secara bertahap pindah ke IKN baru, pada tahun 2024 mendatang.

“Tentunya, sebagai daerah yang berdekatan dengan IKN baru tersebut, Kalimantan Tengah akan menjadi salah satu penyangga yang diharapkan pembangunan di beberapa bidang perlu diprioritaskan oleh pemerintah, seperti halnya infrastruktur jalan dari Kalteng menuju IKN Nusantara,” ucap Wakil Ketua DPRD Kalteng, Kamis (21/07/2022).

Lanjut Jimmy, berkenaan hal tersebut pihaknya mendorong pemerintah agar dapat memprioritaskan pembangunan infrastruktur jalan, dari Kalimantan Tengah ke IKN begitu pula sebaliknya, guna mempercepat kesiapan provinsi ini menyambut pemerintah pusat yang akan pindah kesana, mulai tahun 2024 mendatang.

“Dengan pindahnya IKN ke Kalimantan Timur, otomatis akan memberikan dampak yang besar bagi Kalimantan Tengah. Terlebih, Kalimantan Tengah ini berdekatan dengan IKN dan menjadi salah satu daerah penyangga. Untuk itu, hal-hal yang berkaitan dengan dukungan terhadap IKN tersebut harus dapat diprioritaskan,” harapnya.

Lebih dalam, dirinya juga menuturkan dengan adanya infrastruktur yang memadai menuju IKN, makan akan mempermudah kelancaran transportasi barang dan jasa, serta mempercepat distribusi salah satunya hasil pertanian dari Kalimantan Tengah ke IKN di Kalimantan Timur.

“Memang pada prinsipnya, kepindahan pemerintah pusat masih dalam waktu yang lama, namun tidak ada salahnya jika segala sesuatu terkait itu dipersiapkan dari sekarang, sehingga dalam jangka waktu dua atau tiga tahun mendatang rencana tersebut bisa direalisasi,” imbuhnya.

Ia juga menyarankan, dalam membangun infrastruktur jalan dari Kalimantan Tengah menuju IKN, memang ada baiknya tidak hanya mengandalkan APBD saja namun juga harus ada peran APBN.

“Pasalnya, pemerintah pusat memiliki kewajiban untuk mengembangkan atau memajukan wilayah-wilayah yang berdekatan langsung dengan IKN Nusantara. Semoga apa yang menjadi keinginan bersama ini dapat terwujud, karena memang sebagai salah satu penyangga, Kalteng harus diperhatikan dan mendapat perhatian. Banyak dampak yang akan dirasakan dengan adanya infrastruktur memadai ke IKN baik dari segi perekonomian maupun kesejahteraan masyarakat dan daerah,” tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!