‘Desa Bersinar’ Jadi Program Unggulan Mahasiswa KKN Kebangsaan ke-X di Desa Maliku Mulia 

 ‘Desa Bersinar’ Jadi Program Unggulan Mahasiswa KKN Kebangsaan ke-X di Desa Maliku Mulia 

FOTO : Mahasiswa KKN Kebangsaan ke-X di Desa Maliku Mulia, Kecamatan Maliku, Kabupaten Pulang Pisau bersama Perangkat Desa dan Babinsa setempat, saat melakukan observasi terkait kesiapan pelaksanaan program kerja Desa Bersinar.

Kaltengnews.co.id – PULANG PISAU – Kelompok KKN Kebangsaan ke-X dan KKN Bersama BKS PTN Barat Tahun 2022 di Desa Maliku Mulia, Kecamatan Maliku. Kabupaten pulang pisau melaksanakan program kerja (Proker) Observasi Masyarakat, terkait kesiapan material untuk Desa Bersinar di seluruh RT Desa Maliku Mulia, Minggu (24/07/2022).

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Ketua Kelompok KKN Kebangsaan ke-X di Desa Maliku Mulia, Eben Pulman Siagian yang merupakan mahasiswa dari Universitas Palangka Raya.

“Kami membuat suatu program kerja, yakni ‘Desa Bersinar’. Dalam program ini, seluruh jalan dan seluruh depan rumah warga akan kami adakan lampu jalan, dan nantinya akan dibantu oleh para warga dalam pemasangan tiang dan lampu,” ujarnya.

Lanjutnya, pada kegiatan hari ini, pihaknya terlebih dulu melakukan observasi ke setiap warga untuk mendata kesiapan material yang akan dibutuhkan dalam program ini, diantaranya yaitu satu buah bola lampu, kayu Galam 3.5 M, kabel listrik dan Piting Lampu.

Dirinya juga menambahkan bahwa tujuan dari program Desa Bersinar ini adalah untuk membantu warga desa setempat menerangi jalan dan depan rumahnya masing-masing, sehingga akan membawa nilai positif, terutama dalam mendukung aktivitas masyarakat di saat malam hari. Saat melakukan observasi,.pihaknya juga dibantu oleh pak RW dan pak RT desa setempat.

Sementara itu, Dr. Andi Buston, MSi selaku Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Kelompok KKN Kebangsaan ke-X di Desa Maliku Mulia menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai program unggulan.

“Saya berharap, program ini bisa berjalan dengan lancar demi kemajuan Desa Maliku mulia itu sendiri. Tidak lupa, saya berharap dalam menjalankan program ini agar bisa dibantu oleh Babinsa dalam menjaga keamanan adik-adik mahasiswa KKN di desa setempat,” ujarnya.

Dr. Andi Buston yang juga dosen dari Universitas Palangka Raya ini menyebutkan, adapun mahasiswa KKN Kebangsaan ke-X di Desa Maliku Mulia berasal dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia, yakni Huni Natalia dari Universitas Palangka Raya; Nabila Himatul Ifah dari Universitas Airlangga.

Kemudian, Afredo Salim dari Universitas Maritim Raja Ali Haji; Huga Aryaditia Bimantara dari Universitas Palangka Raya; Nurul Agustine dari Universitas Tanjungpura; Arya Dwi Putra dari Universitas Fajar; Fadhilla Anissa Putri dari Universitas Sumatera Utara; Yulivia Patricia Maukar dari Universitas Palangka Raya;

Wilujeng Resti Yuliana dari Universitas Palangka Raya; serta Yoshepa Sindya Vionita dari Universitas Universitas Palangka Raya.

 

FOTO : Mahasiswa KKN Kebangsaan ke-X di Desa Maliku Mulia, Kecamatan Maliku, Kabupaten Pulang Pisau saat melakukan silaturahmi kepada warga desa setempat.

Disisi lain, Kepala Desa Maliku Mulia Rasidi mengatakan bahwa pihak desa sangat mendukung program Desa Bersinar yang menjadi program kerja, dari mahasiswa KKN Kebangsaan ke-X di Desa Maliku Mulia.

“Saya menilai, program ini memiliki maksud dan tujuan yang baik, yakni tidak lain untuk kemajuan desa ini sendiri. Saya, juga mengajak seluruh warga Desa Maliku Mulia, supaya dapat mendukung dengan penuh kesadaran dan keikhlasan, guna bersama-sama memajukan desa ini,” pintanya.

Hal senada, Sukimin selaku pemilik rumah atau tempat penginapan para peserta KKN di Desa Maliku Mulia juga sangat mendukung program desa bersinar ini.

“Saya sangat mendukung program kerja adik-adik mahasiswa peserta KKN Kebangsaan ke-X di Desa Maliku Mulia. Kegiatan ini sangat bagus, dan memang sepatutnya didukung. Bahkan, saya sendiri juga akan ikut dalam proses pemasangan lampunya,” ujar Sukimin dengan penuh semangat.

Dirinya juga mengatakan bahwa pihaknya akan selalu mendukung program kerja yang dijalankan oleh adik-adik semua, karena tujuannya tidak lain untuk turut memajukan Desa Maliku Mulia ini. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!