Berharap Operasi Katarak Gratis Digelar Rutin

 Berharap Operasi Katarak Gratis Digelar Rutin

FOTO : Ketua DPRD Kabupaten Katingan, Marwan Susanto saat memberikan bingkisan kepada pasien yang ingin menjalani operasi katarak secara gratis.

KALTENGNEWS.co.id – KASONGAN – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan Marwan Susanto, menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada pihak Unit Pelaksana Teknis (UPT) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mas Amsyar Kasongan.

Pasalnya, pihak rumah sakit Mas Amsyar sudah melaksanakan kegiatan operasi katarak secara gratis untuk masyarakat di Bumi Penyang Hinje Simpei. Kegiatan tersebut bekerjasama dengan Persatuan Dokter Mata Indonesia, dan Klinik Mata Tambun Bungai, yang dilaksanakan pada Sabtu 30 Juli 2022.

“Operasi katarak secara gratis ini tentunya dapat meringankan beban masyarakat dan meningkatkan derajat Kesehatan masyarakat di Kabupaten Katingan. Saya ucapkan terima kasih kepada pihak Rumah Sakit Mas Amsyar Kasongan dan Persatuan Dokter Mata Indonesia, juga Klinik Mata Tambun Bungai,” jelas Ketua DPRD Kabupaten Katingan Marwan Susanto, saat menghadiri kegiatan operasi katarak secara gratis, di RSUD Mas Amsyar Kasongan.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan menjelaskan bahwa Katarak adalah suatu penyakit yang dapat memengaruhi fungsi lensa mata. Kondisi ini dapat terjadi karena protein pada lensa mata membentuk gumpalan, sehingga lensa mata menjadi keruh dan sulit ditembus cahaya. Katarak dapat terbentuk pada salah satu mata saja atau bisa juga keduanya.

“Oleh sebab itulah, operasi katarak ini dapat menghindari masyarakat dari ancaman kebutaan. Kita berharap kegiatan semacam ini bisa dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya. Diharapkan juga Rumah Sakit Pratama Tumbang Samba di Kecamatan Katingan Tengah bisa melaksanakan kegiatan seperti ini untuk membantu masyarakat,” ucap Marwan Susanto. (Rul/anggra)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *