Tingkatkan Literasi Baca Masyarakat, LPPM-UPR dan Dispursip Kalteng Lakukan MoU

 Tingkatkan Literasi Baca Masyarakat, LPPM-UPR dan Dispursip Kalteng Lakukan MoU

FOTO : Ketua LPPM-UPR Dr. Ir. Aswin Usup, MSc bersama Kepala Dispursip Kalteng Luqman Alhakim, SP, MSi, usai melakukan penandatanganan Naskah Kesepakatan Bersama, terkait dukungan pelaksanaan tugas dan upaya peningkatan literasi masyarakat. Kegiatan berlangsung di Gedung Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalteng, Rabu (15/06/2022) pagi. Foto Ist.

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Palangka Raya (LPPM-UPR) bersama Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah (Dispursip) Kalimantan Tengah melaksanakan penandatanganan Naskah Kesepakatan Bersama, terkait dukungan pelaksanaan tugas dan upaya peningkatan literasi masyarakat. Kegiatan berlangsung di Gedung Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalteng, Rabu (15/06/2022) pagi.

Penandatanganan secara resmi dilaksanakan oleh Ketua LPPM-UPR Dr. Ir. Aswin Usup, MSc dan Kepala Dispursip Kalteng Luqman Alhakim, SP, MSi, dan disaksikan secara langsung oleh jajaran dan pejabat utama dari dua instansi tersebut.

Selain itu, Naskah ini sekaligus pula menjadi bukti kerja sama antara kedua belah pihak untuk saling menunjang pelaksanaan tugas, baik itu Dispursip Kalteng maupun Universitas Palangka Raya.

Ketua LPPM-UPR Dr. Ir. Aswin Usup, MSc dalam sambutannya menyampaikan bahwa tingkat baca masyarakat Indonesia sangat rendah.

“Saya berharap, melalui kerjasama ini, mahasiswa UPR dapat menjadi agen pendorong untuk meningkatkan literasi masyarakat, terlebih khususnya di desa-desa, melalui program kerja pada kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN),” ucapnya.

Lanjut Aswin juga mengatakan bahwa masyarakat perlu mendapatkan literasi. Diharapkan, mahasiswa dalam kegiatan KKN bisa berperan menjadi agen yang bisa mendorong minat baca masyarakat di wilayah pedesaan.

“Dengan meningkatnya minat baca masyarakat, terhadap berbagai literasi, maka masyarakat di wilayah pedesaan dapat mengetahui segala macam informasi yang menarik dan penting untuk diketahui,”imbuhnya.

Sementara itu, masih di hari dan tempat yang sama, Kepala Dispursip Kalteng Luqman Alhakim, SP., M.Si menyampaikan bahwa Dispursip Kalteng, juga memiliki perpustakan di desa-desa di hampir seluruh wilayah Kalteng.

“Saat ini, kami juga telah memiliki perpustakaan desa di hampir seluruh wilayah Kalimantan Tengah, namun masih belum beroperasional secara baik. Kami juga sangat berharap, melalui kerjasama ini, mahasiswa UPR dapat menggunakan ruangan perpustakaan yang tersedia di tempat mahasiswa mengabdi ketika KKN sebagai tempat kegiatan program kerja. Dengan harapan, masyarakat di desa akan lebih mengenal tentang perpustakaan di tempatnya masing-masing.”tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV    

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!