Politisi Senior PDIP Kalteng Dukung Pengembangan Sektor Pendidikan 

 Politisi Senior PDIP Kalteng Dukung Pengembangan Sektor Pendidikan 

FOTO : Anggota Komisi III DPRD Kalteng Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) meliputi Pendidikan, Kesehatan dan Pariwisata Duwel Rawing. 

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Anggota Komisi III DPRD Kalteng Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) meliputi Pendidikan, Kesehatan dan Pariwisata Duwel Rawing mengatakan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan salah satu agenda prioritas nasional.

“Oleh karenanya, kami sangat mendorong komitmen pemerintah daerah (Pemdal) khususnya di Kalteng, untuk dapat meningkatakan sektor pendidikan, demi terciptanya SDM berkualitas di masa akan datang,” ucapnya, Selasa (28/06/2022) pagi.

Lanjut Politisi Senior PDIP Kalteng ini juga menuturkan sebenarnya sektor pendidikan di Kalteng ini sudah banyak kemajuan, tapi memang masih harus lebih dipacu, karena selama ini kita lihat pemda berfokus pada infrastruktur saja sehingga SDM kurang diperhatikan.

“Hemat saya, kalau SDM kita belum siap, infrastruktur yang dibangun nantinya akan dimafaatkan oleh orang luar. Maka dari itu, pengembangan SDM sangat penting dan yang paling utama sebagaimana prioritas nasional,” tambahnya.

Menurutnya, untuk mengembangkan SDM di Kalteng, pemerintah dapat membangun suatu lembaga pendidikan khusus tingkat SMA yang difungsikan untuk menyaring lulusan SMP terbaik se-Kalteng dan dibiayai, difasilitasi, serta ditempa untuk menjadi SDM masa depan yang memiliki daya saing tinggi.

“Seharusnya ada sekolah khusus yang bisa menampung lulusan SMP terbaik kemudian dibiayai oleh pemprov supaya mereka yang nilainya bagus bisa diberikan peluang, dan difasilitasi untuk mendapat beasiswa dan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi se-Indonesia,” katanya.

Ia juga menambahkan, memang untuk sekarang SDM itu belum bisa berkontribusi pada daerah, akan tetapi suatu saat seiring berjalannya waktu dan setelah menyelesaikan pendidikannya maka mereka akan muncul sebagai individu yang dapat mendorong pembangunan dan kemajuan provinsi ini.

Di sisi lain, lambatnya pengembangan sektor pendidikan di Kalteng tidak lepas dari kondisi masyarakat, khususnya di daerah pelosok. Pasalnya, sebagian masyarakat memutuskan untuk menyerah terhadap pendidikan dikarenakan terkendala masalah biaya untuk melanjutkan sekolah anak-anaknya.

“Pendidikan ini hak dasar masyarakat yang wajib dipenuhi pemerintah. Masyarakat bisa memanfaatkan program beasiswa yang memang diperuntukan pada kondisi seperti itu. Hanya saja, mungkin karena masyarakat tidak tahu atau belum menyadari akan haknya sehingga mereka tidak protes. Ini yang patut kita perbaiki bersama.” tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV    

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!