Periode Mei 2022, Indeks Kelompok Makanan Minuman dan Tembakau Penyumbang Inflasi Kalteng Tertinggi 

 Periode Mei 2022, Indeks Kelompok Makanan Minuman dan Tembakau Penyumbang Inflasi Kalteng Tertinggi 

FOTO : Kepala BPS Kalteng Eko Marsoro, saat memberikan keterangan pers, pada Berita Resmi Statistik, Kamis (02/06/2022).

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Tengah (BPS Kalteng) mencatat Perkembangan Indeks Harga Konsumen (IHK) di Kalimantan Tengah pada Mei 2022. Sebagai daerah acuan, yakni Kota Palangka Raya dan Sampit. Di mana, kelompok makanan, minuman dan tembakau sebagai penyumbang inflasi tertinggi yakni sebesar 1,90 persen.

Dalam Siaran Pers melalui Berita Resmi Statistik, pada hari Kamis (02/06/2022) Kepala BPS Kalteng Eko Marsoro menyampaikan bahwa Kota Palangka Raya mengalami inflasi sebesar 0,93 persen, sedangkan Sampit mengalami inflasi sebesar 0,94 persen.

“Inflasi Gabungan Kota Palangka Raya dan Sampit pada Mei 2022, terjadi karena adanya peningkatan indeks kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 1,90 persen, kemudian kelompok rekreasi, olahraga dan budaya sebesar 1,87 persen, dan kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 0,66 persen,”ungkapnya.

Lanjut Pria Berkacamata ini menyebut, Inflasi tahun kalender antara bulan Mei 2022 terhadap bulan Desember 2021, untuk gabungan Kota Palangka Raya dan Sampit tercatat sebesar 3,34 persen dan inflasi tahun ke tahun (year-on-year) antara bulan Mei 2022 terhadap bulan Mei 2021sebesar 5,74 persen.

Selanjutnya, Komoditas yang memberikan sumbangan inflasi pada Mei 2022 antara lain ikan nila, ikan patin, ikan gabus, telepon seluler, minyak goreng, telur ayam ras, semen, daging babi, bioskop dan cabai rawit.

“Sedangkan, untuk komoditas yang memberikan sumbangan deflasi pada Mei 2022, diantaranya jeruk, anggur, bawang putih, bumbu masak jadi, tas sekolah, apel, teh, pepaya, rimbang/tekokak dan pembersih/penyegar.” tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV  

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!