Minimalisir Risiko Banjir, Legislator Muda Minta Pemda Persiapkan Infrastruktur 

 Minimalisir Risiko Banjir, Legislator Muda Minta Pemda Persiapkan Infrastruktur 

FOTO : Anggota Komisi II DPRD Kalteng, Bryan Iskandar.

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Anggota Komisi II DPRD Kalteng, Bryan Iskandar mengatakan pemda perlu mempersiapkan atau merancang infrastruktur yang mampu mengantisipasi dan meminimalisir risiko terjadinya banjir.

“Tentunya, perancangan pembangunan tersebut juga harus disesuaikan dengan RTRWP Kalteng. Bencana alam yang kerap kali terjadi, seperti halnya banjir ketika curah hujan tinggi, memerlukan langkah dari pemda agar hal itu dapat dicegah atau diminimalisir,” ucapnya, Kamis (23/06/2022) pagi.

Lanjut Bryan mengatakan memang bencana banjir yang terjadi tahun ini, tidak separah tahun kemarin, tapi perlu dipahami bahwa bencana ini masih sering terjadi. Informasinya kemarin di daerah DAS Barito.

“Saya rasa perlu ada infrastruktur yang bisa menjadi solusi jangka panjang untuk mitigasi bencana banjir di Kalteng di masa datang,’ ujarnya.

Dirinya juga menilai, pemulihan kondisi lingkungan khususnya kawasan hutan di daerah rawan banjir pun diharapkan menjadi perhatian serius oleh pemda, baik itu pemerintah provinsi maupun kabupaten atau kota. Mengingat kerusakan lingkungan bisa menjadi salah satu faktor utama terjadinya bencana tersebut.

Selain itu, untuk memaksimalkan upaya mitigasi tidak hanya mengandalkan peran pemerintah saja.

Masyarakat pun diharapkan dapat memiliki kesadaran penuh untuk menjaga, merawat, serta melestarikan alam di provinsi ini agar segala macam bentuk bencana dapat dicegah atau diminimalisir.

“Bencana itu bisa terjadi karena ulah kita sendiri yang abai menjaga lingkungan kita. Jadi tetaplah mentaati aturan untuk menjaga dan merawat hutan supaya tetap lestari. Jangan sampai dirusak karena itu dapat berdampak bagi kehidupan.” tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!