Diduga Faktor Usia, Patung Perunggu Tjilik Riwut Tumbang

 Diduga Faktor Usia, Patung Perunggu Tjilik Riwut Tumbang

FOTO – Diduga faktor usia, patung pahlawan Nasional Tjilik Riwut roboh di bundaran depan kantor Bupati Katingan.

KALTENGNEWS.co.id – KASONGAN – Akibat terjangan angin dan dimakan usia, Patung Pahlawan Nasional Tjilik Riwut yang berada di bundaran Kantor Bupati Katingan akhirnya Tumbang.

Kondisi patung terlihat dari kepala hingga badannya terjatuh kebawah dan membuat kedua tangan terlepas, kemudian untuk kaki masih berdiri kokoh pada tempatnya. Kejadian ini diperkirakan pada Jumat 17 Juni 2022 pukul 24.00 WIB.

Saat melakukan pengecekan di lokasi kejadian. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Katingan, Pransang, mengatakan kejadian tumbangnya patung diduga akibat angin yang kencang pada malam harinya dan juga karena memang konstruksi kerangka baja yang ada didalam patung tersebut sudah dimakan usia dan mengalami pengeroposan. Pada akhirnya tidak kuat menumpang beban berat patung tersebut.

“Terkait kejadian ini, selanjutkan segara akan kita upayakan dan sudah menghubungi dinas PU untuk melakukan serta melihat kembali kondisi patung Tjilik Riwut yang tumbang. Kita cek, apakah masih bisa rekonstruksi ulang atau bisa dibangun kembali nantinya,” ungkap Sekda Katingan Pransang, kepada sejumlah wartawan, saat mengecek di lokasi kejadian, Sabtu 18 Juni 2022, sekira pukul 08.00 Wib.

Dirinya memang menyadari bahwa Patung Pahlawan Nasional Tjilik Riwut ini dibangun pada tahun 2008 dan sudah termakan usia. Namun, dari kondisi patung masih bangus dan kuat, tetapi untuk konstruksi didalam yang terbuat dari besi atau untuk penumpang beban berat patung ternyata sudah berkarat atau sudah keropos.

“Mudah-mudahan ini bisa kita renovasi kembali secepatnya, termasuk pondasi ini yang banyak yang retak-retak saya lihat dan akan kita perbaiki,” singkatnya. (Rul/anggra)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!