Dewan Kalteng ini Ajak Masyarakat Terapkan Nilai-nilai ‘Pancasila’ dalam Kehidupan Bermasyarakat 

 Dewan Kalteng ini Ajak Masyarakat Terapkan Nilai-nilai ‘Pancasila’ dalam Kehidupan Bermasyarakat 

FOTO : Sekretaris Komisi IV DPRD Kalteng Bidang Infrastruktur dan Ketenagakerjaan, Tomy Irawan Diran. 

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Di momen hari kelahiran Pancasila, diharapkan sebagai momen untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila pada kehidupan sehari-hari. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Sekretaris Komisi IV DPRD Kalteng Bidang Infrastruktur dan Ketenagakerjaan, Tomy Irawan Diran.

Dimana, Hari lahir Pancasila ditetapkan pada tanggal 1 Juni 1945, dan hingga kini setiap tahunnya pada 1 Juni diperingati sebagai hari lahir Pancasila bagi Indonesia. Pancasila merupakan dasar negara Indonesia.

“Hari lahir Pancasila, sebagai momentum untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan. Dimana, pada kesempatan ini saya mengajak masyarakat untuk bisa mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,”ucapnya, Rabu (01/06/2022).

Lanjut Tomy mengatakan hingga saat ini, masih banyak sebagian dari pihak-pihak yang hanya mengetahui dan memahami Pancasila secara tekstual saja. Namun, tidak secara komprehensif untuk memaknai poin-poin yang dibawa pada tiap silanya.

“Oleh karena itu, kita sebagai rakyat Indonesia tidak boleh lupa untuk selalu melandaskan Pancasila dan tetap menjaga keutuhan nilai Pancasila, serta mengamalkan nilai-nilai Pancasila di dalam kehidupan sehari-hari,”ujarnya.

Politisi PAN Kalteng ini juga menuturkan bahwa dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila, dalam kehidupan sehari-hari akan mencerminkan harkat dan derajat negara Indonesia sebagai bangsa yang beradab. Sehingga, hal itu harus dapat menjadi komitmen semua pihak secara bersama-sama.

“Peringatan hari lahir Pancasila akan mengokohkan kembali komitmen untuk bersama mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, nilai toleransi, saling menghormati, bergotong royong, menjaga persatuan dan kesatuan demi keutuhan NKRI,”timpal Tomy.

Lebih dalam, Tomy juga menambahkan begitu juga dalam hal membangun Kalteng, pada momentum ini pemerintah daerah harus dapat melaksanakan pembangunan berasas keadilan sesuai dengan salah satu bunyi dalam Pancasila, yakni keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Artinya, pembangunan harus benar-benar merata jangan sampai menimbulkan kesenjangan sosial yang dapat membuat rasa iri diantara masyarakat dan daerah dengan yang lainnya. Keadilan sosial harus diimplementasikan dengan tujuan mensejahterakan masyarakat secara keseluruhan di provinsi ini.

“Selamat memperingati hari lahir Pancasila 1 Juni 2022 mari bersama kita bangkit membangun peradaban dunia. SDM bangkit, Kalteng berAKHLAK penuh dengan keBERKAHan.” tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!