Beras Asli Katingan Harus Segera Dipatenkan

 Beras Asli Katingan Harus Segera Dipatenkan

Foto : Anggota DPRD Katingan Yudea Pratidina.

Foto : Anggota DPRD Katingan Yudea Pratidina.

Kasongan – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan Yudea Pratidina, berharap agar instansi di lingkup Pemkab Katingan bisa segera mematenkan beras merk katingan.

Hal ini menurut Yudea sangat perlu secepatnya ditangani, meningat selama ini hasil gabah dan beras asl katingan ketika dibawa keluar daerah mejadi merk lain bukan merk beras katingan.

“Ini yang harus menjadi perhatian kita, beras asli katingan segera mungkin arus dipatenkan sehingga ada merk resmi beras katingan,”Ucap Yudea Pratidina saat diwawancara, senin (30/5/2022) dikantor DPRD Katingan.

Lebih lanjut Legislator PDI Perjuangan ini menuturkan, beras katingan yang dijual keluar daerah kemudian diberi merk oleh orang luar daerah kembali lagi dijual ke katingan.

“Kita juga telah melakukan kerjasama dengan pihak PBS di Katingan, agar membeli beras Katingan, dan juga berharap pihak perbangkan dapat menyalurkan KUR kepada petani Katingan, ” ucapnya.

Pihaknya juga telah berupaya, agar para petani Katingan dapar lebih sejahtera, dan mampu memenuhi pangan di daerah, dengan hasil panej mencapai 30 ribu ton, Tetapi harga gabah masih rendah dan di jual keluar daerah tanpa merek beras Katingan.

“Kita mendorong agar Pemkab Katingan melalui instansi terkait, membuat merek beras Katingan, sehingga ada brand daerah dan diharap kan mampu tingkatkan tarap hidup masyarakat Katingan, ”imbuhnya.

Kedepan tambah dia, dunia pertanian di Katingan akan lebih maju dan berkembang, karena telah memiliki merek beras Katingan, serta akan memicu semangat masyarakata untuk gunakan beras Katingan.

(agg/nas)

triokta

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *