Banjir di DAS Barito, Berharap Pemda Segera Turunkan Bantuan

 Banjir di DAS Barito, Berharap Pemda Segera Turunkan Bantuan

FOTO : Wakil Rakyat asal Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng IV, meliputi Kabupaten Barito Selatan, Barito Utara, Barito Timur dan Murung Raya Sirajul Rahman, S.Hut, M.Ikom.

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Sirajul Rahman, S.Hut, M.Ikom meminta kepada pemerintah baik provinsi maupun kabupaten agar dapat turun langsung membantu masyarakat yang terdampak banjir di DAS Barito.

Wakil Rakyat asal Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng IV, meliputi Kabupaten Barito Selatan, Barito Utara, Barito Timur dan Murung Raya ini mengungkapkan, ada 4 (empat) kabupaten di DAS Barito yang terdampak banjir saat ini yakni Murung Raya, Barito Utara, Barito Timur, dan Barito Selatan.

Di mana dampak banjir tersebut sangat dirasakan masyarakat, sehingga wajib bagi pemerintah untuk turun langsung membantu warga yang terdampak banjir.

“Pemerintah harus turun langsung membantu masyarakat yang terdampak banjir baik itu menyalurkan bantuan, membuka posko pengungsian, dan lain-lain. Karena saat ini banyak masyarakat yang terdampak membutuhkan uluran tangan pemerintah,”ujar Sirajul, Minggu (29/05/2022)

Selain itu, Sekretaris Komisi I DPRD Kalteng Bidang Hukum, Pemerintahan dan Keuangan ini juga mengungkapkan mengingat banjir yang kerap terjadi setiap tahunnya tentu hal tersebut karena ada kaitannya dengan kerusakan alam. Oleh karenanya, pemerintah diharapkan dapat mengkaji apa yang mengakibatkan kerusakan alam di Kalteng ini.

“Selain akibat curah hujan tinggi, banjir ini juga kami yakini karena adanya kerusakan alam, sehingga resapan air menjadi berkurang. Pemerintah harus mengkaji hal ini, jika memang kerusakan akibat aktivitas pembukaan lahan dan hutan misalnya, ini harus dapat ditindak tegas,” ujarnya.

Di sisi lain, dirinya juga mengajak semua pihak termasuk masyarakat khususnya di Kalteng agar dapat memiliki kesadaran penuh guna untuk menjaga, merawat, serta melestarikan alam di Bumi Tambun Bungai agar segala macam bentuk bencana dapat diminimalisir.

“Mari bersama kita lestarikan alam Kalteng ini, jangan sampai dirusak karena itu dapat berdampak bagi kehidupan. Bencana terjadi karena ulah kita sendiri yang abai, jadi tetaplah mentaati aturan untuk menjaga dan merawat hutan kita supaya tetap lestari, sehingga kita dapat terhindar dari bencana apapun.”tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV    

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!