Terkait Persyaratan KUR, Dewan Kalteng Sampaikan Sejumlah Saran dan Masukan ke Pihak Perbankan

 Terkait Persyaratan KUR, Dewan Kalteng Sampaikan Sejumlah Saran dan Masukan ke Pihak Perbankan

FOTO : Ketua Komisi II DPRD Kalteng Bidang SDA dan Perekonomian, Achmad Rasyid. 

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Ketua Komisi II DPRD Kalteng Bidang SDA dan Perekonomian Achmad Rasyid mengapresiasi langkah dari pihak perbankan yang telah memberikan dukungan permodalan kepada para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dengan menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada para pelaku UMKM di wilayah Bumi Tambun Bungai ini.

“Kami memberikan apresiasi kepada pihak perbankan yang telah memberikan dukungan kepada para pelaku UMKM di wilayah Kalimantan Tengah, melalui penyaluran Kredit Usaha Rakyat. Meski dinilai sudah berjalan dengan cukup baik, namun masih ada beberapa hal yang perlu menjadi masukkan, salah satunya terkait persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi oleh para calon debitur atau calon nasabah yang mengajukan pinjaman,”ujar Achmad Rasyid, Rabu (20/04/2022).

Lanjut Politisi Partai Gerindra Kalteng ini mengatakan bahwa berdasarkan informasi yang diterima dari masyarakat, ada beberapa kendala yang dihadapi, terutama berkenaan dengan pemenuhan persyaratan atau jaminan seperti apa yang diminta.

“Kami sangat memahami kebijakan pihak perbankan yang tidak mudah untuk memberikan pinjaman lunak kepada para calon debitur, karena harus memenuhi sejumlah persyaratan minimal seperti adanya jaminan sesuai dengan apa yang diminta. Namun, maksud kami apabila itu masih masuk dalam batas-batas toleransi, supaya adanya keringanan terkait persyaratan yang dimaksud,”harapnya.

Dirinya juga mencontohkan, seperti misalnya ada warga pendatang yang memiliki ijin usaha, namun belum memliki sertifikat, hal itu agar bisa dipertimbangkan dengan syarat-syarat pengganti lainnya.

“Memang disadari bahwa hal ini juga sangat berisiko bagi pihak perbankan. Namun, alternatif-alternatif lainnya terkait persyaratan yang harus dipenuhi calon debitur juga perlu dipertimbangkan.”

“Sehingga, harapannya penyaluran KUR bisa lebih maksimal, dengan harapan UMKM di wilayah Kalimantan Tengah bisa terus bertumbuh dan berkembang. Ini merupakan masukan yang kami sampaikan, dengan harapan bisa menjadi bahan pertimbangan untuk pemulihan ekonomi masyarakat di wilayah Bumi Tambun Bungai ini.” tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV  

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!