PP dan KNPI Barsel Laksanakan Lomba ‘Bagarakan’ Sahur

 PP dan KNPI Barsel Laksanakan Lomba ‘Bagarakan’ Sahur

Foto : Untuk pertama kalinya sejak terakhir kali diselenggarakan pada tahun 2019 lalu, Bupati Barsel Eddy Raya Samsuri didampingi Forkompimda dan Pemuda Pancasila serta KNPI setempat, melepas rombongan peserta lomba bagarakan sahur dan Tanglong, Sabtu (23/4/2022) malam.

KALTENGNEWS.co.id – BUNTOK – Setelah dua tahun terkendala pandemi Covid-19, untuk pertama kalinya Pemuda Pancasila (PP) bekerjasama dengan DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Barito Selatan didukung oleh Pemerintah Kabupaten dan Polres setempat, serta Kodim 1012/Buntok melaksanakan kegiatan lomba Tanglong (bagarakan sahur) di Buntok, Sabtu (23/4/2022) malam.

Kegiatan dengan rute diawali dari Taman Iring Witu di Jalan Tugu, jalan Teratai, Jalan Panglima Batur, Jalan Pahlawan, Jalan Merdeka Raya dan berakhir kembali di jalan Tugu tersebut, terlihat disambut warga dengan sangat meriah.

Diterangkan oleh Ketua PP Barsel, Jailani, kegiatan ini merupakan hasil dadi aspirasi masyarakat yang beredar, baik itu melalui media sosial maupun yang disampaikan langsung kepada mereka.

“Kegiatan ini dilaksanakan oleh Pemuda Pancasila bekerjasama dengan KNPI Kabupaten Barito Selatan,” ungkap dia.

Disampaikan oleh pria yang akrab disapa Ijai ini lagi, animo masyarakat untuk mengikuti kegiatan sangat tinggi. Terbukti dengan sejak dibukanya pendaftaran sampai dengan penutupan pada sore ini, jumlah peserta yang terdaftar adalah sebanyak 20 grup.

Padahal menurut dia, dikarenakan masih dalam masa pandemi, Panitia menerapkan syarat yang ketat kepada para peserta. Selain harus mematuhi protokol kesehatan Covid-19 seperti menggunakan masker dan jaga jarak, seluruh peserta harus sudah divaksinasi minimal sebanyak dua kali.

“Setiap peserta diwajibkan menggunakan masker. Dan kemaren setelah koordinasi dengan kepolisian, (peserta) juga harus sudah harus melakukan vaksin, minimal vaksin kedua,” tukas Ijai.

Meskipun saat ini peserta masih terbatas di lingkup kecamatan Dusun Selatan saja, Ia kemudian berharap agar pada tahun-tahun berikutnya, kegiatan ini bisa terus dilaksanakan dengan melibatkan lebih banyak peserta dari seluruh kecamatan yang ada di Barsel.

Pasalnya menurut dia, selain dikarenakan antusiasme masyarakat yang cukup tinggi terhadap lomba Tanglong tersebut, kegiatan ini juga merupakan salah satu budaya atau kearifan lokal Bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus yang harus selalu dilestarikan.

“Harapan kami, tentunya untuk kegiatan ini supaya bisa dilaksanakan rutin setiap tahun, karena lomba Tanglong ini semacam budaya, kearifan lokal di kabupaten Barito Selatan,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Barsel, H. Eddy Raya Samsuri, mengharapkan agar dengan terselenggaranya kegiatan ini, bisa memberikan hikmah dan berkah bagi seluruh masyarakat yang di Barsel.

“Terima kasih kepada Pemuda Pancasila dan KNPI Barito Selatan. Ini merupakan kebanggaan kita bersama, karena kita bisa melalui (pandemi) Covid-19 dengan baik. Dan juga atas izin dari Kapolres dan Dandim, bahwa kita memasuki kehidupan new normal,” ucapnya.

“Semoga kegiatan lomba bagarakan sahur dan Tanglong di bulan Ramadahan 1443 Hijriah ini mendapatkan rahmat dan berkah,” harap Eddy.

Tidak lupa, dia juga berpesan kepada seluruh masyarakat Barsel khsusnya, memasuki tatanan kehidupan baru untuk tetap ingat dan patuh terhadap protokol kesehatan, serta menjaga keamanan dan selalu berhati-hati saat melaksanakan mudik lebaran, sebagaimana petunjuk yang disampaikan oleh Kapolri Jendral Pol. Listyo Sigit Prabowo.

“Semoga kita bisa merasakan bulan suci ramadhan dengan hikmah dan nanti kita bisa merayakan idul fitri secara bersama-sama,” akhiri Eddy. (tian)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *