Peluang Ekspor Terbuka Luas, Saatnya UMKM Kalteng Naik Kelas

 Peluang Ekspor Terbuka Luas, Saatnya UMKM Kalteng Naik Kelas

FOTO : Olahan Kerajinan Khas Kalimantan Tengah. (Dok. Foto. MMC Kalteng).

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPw-BI) Provinsi Kalimantan Tengah menggelar kegiatan Disemenisasi Laporan Perekonomian Kalimantan Tengah Periode Februari 2022 secara virtual atau daring, Kamis (31/03/2022) kemaren.

Kegiatan ini mengusung tema utama ‘UMKM Naik Kelas, Menuju pasar Global’. Dibuka secara langsung oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah, Yura Djalins.

Dan, diikuti secara daring oleh lebih dari 200 peserta yang berasal dari Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD), perbankan, akademisi, pelaku usaha, media massa dan mahasiswa di Kalimantan Tengah.

Dalam sambutannya, Kepala KPw-BI Kalteng, Yura Djalins menyampaikan bahwa capaian vaksinasi yang terus meningkat sejalan dengan jumlah kasus COVID-19 yang terus menurun, berdampak pada membaiknya kondisi konsumsi rumah tangga.

Hal ini, tentunya berpengaruh pada perkembangan ekonomi Kalimantan Tengah di tahun 2021 yang bertumbuh sebesar 3,40 persen (yoy), lebih baik dibandingkan tahun 2020 yang masih mengalami kontraksi sebesar 1,41 persen (yoy).

“Pertumbuhan ekonomi Kalimantan Tengah tahun 2021 antara lain didorong oleh peningkatan ekspor barang dan jasa mencapai sebesar 5,94% (yoy), dimana kontribusi ekspor terhadap ekonomi Kalimantan Tengah tercatat mencapai 47,26 persen,”ucap Kepala KPw-BI Kalteng baru-baru ini.

Lebih lanjut Yura juga menyebutkan apabila ditinjau berdasarkan struktural, ekspor Kalimantan Tengah masih didominasi oleh komoditas sektor pertambangan, dimana berdasarkan data Bank Indonesia kontribusi komoditas batu bara pada tahun 2021 mencapai sekitar 61,51 persen dari total ekspor barang dan jasa.

Melihat prakiraan era sunset batu bara yang akan di mulai tahun 2026 seiring upaya global menurunkan emisi karbon yang termuat dalam pelaksanaan konferensi COP26 pada akhir tahun 2021, maka Bank Indonesia dan pemerintah daerah terus mendorong UMKM Kalimantan Tengah untuk dapat naik kelas dan mampu memasarkan produknya secara global (ekspor).

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!