Peduli Lingkungan dan Kesehatan, Mahasiswa KKN-T Mandiri UPR Membangun Desa Pematang Limau Membuat Taman Toga

 Peduli Lingkungan dan Kesehatan, Mahasiswa KKN-T Mandiri UPR Membangun Desa Pematang Limau Membuat Taman Toga

FOTO : Mahasiswa KKN-T Mandiri UPR Membangun Desa Pematang Limau saat berfoto bersama dengan Pemerintah Desa Pematang Limau, Pengurus PKK Kecamatan Seruyan Hilir dan Pengurus PKK Desa Pematang Limau.

Kaltengnews.co.id – Pematang Limau, Seruyan Hilir, Kelompok KKN-T Mandiri UPR Membangun Desa Melakukan pembuatan Taman Obat Keluarga (TOGA) Kegiatan membangun taman toga ini bertujuan untuk melestarikan lingkungan sekitar agar lebih bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai tanaman obat-obatan herbal di desa Pematang Limau, Kecamatan Seruyan Hilir, Kabupaten Seruyan, Senin (11/4/2022).

Mahasiswa KKN Aditya Pratama yang merupakan anggota KKN-T Mandiri UPR Membangun desa Pematang Limau mengatakan istilah toga sendiri identik dengan sediaan jamu yang berasal dari tanaman obat dan jika bisa dikelola dengan baik akan termasuk UMKM.

“Taman toga PKK Desa Pematang Limau sangat bagus untuk memenuhi tanaman obat dalam menjaga kesehatan terkhususnya kesehatan keluarga contohnya jamu, dimana eksporasi jamu ini dapat di produksi untuk meningkatakan kreatifitas dan UMKM PKK,”terangnya.

Menurutnya pengembangan Toga dapat lebih terjamin keberlangsungannya apabila masyarakat, Desa Pematang Limau telah termotivasi untuk melakukan tanaman sayuran dan obat.

Dirinya juga menerangkan bahwa tujuanya untuk melestarikan lingkungan sekitar agar lebih bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai obat-obatan herbal. Dalam pengembangan taman toga perlu diperhatikan penataan dari berbagai tanaman yang akan ditanam.

Sehingga, akan terlihat semakin serasi, indah dan estetika sebagai taman. Penataan tanaman obat dapat didasarkan pada fisik tanaman, warna daun, khasiatnya. Kegiatan penanaman taman toga dilakukan kurang lebih selama dua minggu dari pembuatan awal sampai penanaman.

Sementara itu, Kepala Desa Pematang Limau Syahroni menyampaikan bahwa pihaknya sangat menyambut baik atas kegiatan dari Kelompok KKN-T Mandiri UPR Membangun Desa Pematang Limau.

Banyak kegiatan dan program kerja dari Kelompok KKN-T Mandiri UPR Membangun Desa Pematang Limau yang dinilai sangat bermanfaat bagi masyarakat setempat, salah satunya adalah pengembangan taman toga ini.

“Saya selaku Kepala Desa Pematang Limau menyambut baik kegiatan para mahasiswa KKN UPR dengan adanya taman toga ini, maka harapannya Desa Pematang Limau dapat semakin berkembang, masyarakatnya pun sangat bersyukur, karena ini salah satu membangun rasa kebersamaan khususnya di antara ibu-ibu PKK Pematang Limau. Kami juga berharap dengan adanya taman toga ini bisa dikelola dan dipelihara dengan baik.”

“Dan kesan saya terkait pembuatan taman toga yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN kami sangat merasa terbantu dan bersyukur karena adanya mahasiswa KKN ini, karena sebagai bentuk kepedulian mereka kepada masyarakat Desa Pematang Limau”timpalnya.

Disisi lain, Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah Bahan Berbahaya dari Dinas Lingkungan Hidup, Muhammad Taufik, S.E menyampaikan apresiasi kepada mahasiswa terkait pembuatan taman toga.

“Dalam hal ini kami dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Seruyan menyambut baik terkait pengadaan taman toga yang di inisiator oleh Mahasiswa KKN UPR terkait ranah kami di DLH kedepannya kami bisa bantu proses pembuatan pupuk organik agar bisa mendukung terkait program kerja Mahasiswa KKN UPR,”katanya.

Hal senada, Ketua PKK Kecamatan Enti Munifah Heriyadi Zebua, S.T., MM menyambut baik terkait kegiatan yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN-T Mandiri UPR Membangun desa Pematang Limau.

“Saya selaku ketua Ibu-ibu PKK Kecamatan menyambut baik terkait Pembuatan Taman toga sebagai program kerja dari Mahasiswa KKN UPR dan juga terkait program kerja ini selaras dengan program kerja kami selaku PKK dan semoga kedepannya ini semakin bermanfaat dan nantinya dapat menjadi tambahan penghasila bagi ibu ibu” ujarnya.

Kemudian hal sama, Ketua PKK desa Pematang Limau Herlina juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada mahasiswa KKN-T Mandiri UPR Membangun Desa Pematang Limau, melalui kegiatan taman toga ini.

“Kami sangat berterima kasih kepada adik-adik mahasiswa. Tidak hanya itu, kami pun salut atas semangat dari adik-adik mahasiswa KKN-T Mandiri UPR Membangun Desa Pematang Limau dalam mengerjakan taman toga ini. Semoga ini bisa menjadi suatu kenang-kenangan, selama mereka melakukan KKN di desa ini,”ujarnya.

Selanjutnya, Ketua Kelompok KKN-T Mandiri UPR Membangun Desa Pematang Limau Herman turut menyampaikan, terkait kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN, banyak medapat respon positif dari Pembuatan Taman toga ini dari berbagai macam kalangan mulai dari tingkat warga desa sampai kalangan Dinas Lingkungan Hidup.

”Sebagai Tambahan rangkaian kegiatan telah terlaksana dengan baik dan terkait Program Kerja kami dari Mahasiswa KKN-T Mandiri UPR Membangun desa Pematang Limau ini banyak mendapat respon Positif dari berbagai kalangan mulai dari warga desa sampai tingkat Dinas sehingga menambah daya semangat kami untuk melanjutkan program kerja yang lebih bermanfaat lainnya.” tandasnya.

Sekedar informasi, kegiatan serah terima taman toga langsung dihadiri oleh Kepala Desa Pematang Limau, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Ketua PKK Kecamatan Seruyan Hilir dan Ketua PKK desa Pematang Limau. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!