Maju Berkembang Bersama Masyarakat, Inilah Komitmen Nyata PT. Indomoro Kencana dalam Upaya Peningkatan Keterampilan SDM Lokal

 Maju Berkembang Bersama Masyarakat, Inilah Komitmen Nyata PT. Indomoro Kencana dalam Upaya Peningkatan Keterampilan SDM Lokal

FOTO : Direktur PT. Indomoro Kencana, Muliawan Margadana, saat dibincangi sejumlah awak media, usai melaksanakan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dan Perjanjian Kerjasama dengan Universitas Palangka Raya (UPR), Jumat (01/04/2022).

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Direktur PT. Indomoro Kencana Muliawan Margadana menyampaikan sebagai perusahaan yang bergerak di sektor tambang, telah beroperasional produksi sejak tahun 2017 lalu di wilayah Kabupaten Murung Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, juga memiliki kepatuhan sekaligus tanggungjawab sosial melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

Dimana, salah satunya yakni melakukan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) lokal melalui sektor pendidikan, yakni dengan melakukan pelatihan dan menyediakan beasiswa pendidikan bagi pemuda pemudi Kabupaten Murung Raya, khususnya bagi masyarakat yang berdomisili di sekitar lokasi tambang.

“Pengembangan SDM di sekitar lokasi perusahaan tambang, khususnya bagi masyarakat lokal untuk mereka bisa berkembang dan mengembangkan diri, melalui berbagai kerjasama pendidikan seperti yang dilakukan bersama dengan Universitas Palangka Raya, merupakan hal yang sangat strategis. Untuk itu, kami sangat menyambut baik adanya penandatanganan nota kesepahaman (MoU) bersama dengan UPR,”ucap Direktur PT. Indomoro Kencana, usai melaksanakan penandatanganan MoU dan Perjanjian Kerjasama bersama UPR, Jumat (01/04/2022).

Selanjutnya, Muliawan juga menyebutkan bahwa pihaknya memiliki suatu cita-cita, khususnya dalam hal peningkatan keterampilan SDM yang berasal dari pemuda-pemudi di sekitar lokasi tambang.

“Kami ingin mereka juga bisa berkembang maju dan memiliki suatu kemampuan, keterampilan dan keahlian, melalui sejumlah pelatihan, pendidikan bahkan sampai kuliah ke tingkat perguruan tinggi,”ujarnya.

Lanjut Muliawan mengatakan bahwa upaya ini merupakan salah satu bentuk tanggungjawab sosial dari PT. Indomoro Kencana kepada masyarakat sekitar tambang, khususnya dalam rangka mengembangkan keterampilan SDM yang berasal dari pemuda-pemudi di sekitar lokasi produksi.

Dijelaskan, upaya yang sudah dilakukan dalam hal pengembangan keterampilan SDM yang berasal dari lokal, diantaranya dengan mengikutsertakan para lulusan SMA/SMK ke dalam sejumlah pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) diantaranya pelatihan tata boga, pelatihan mekanik kendaraan dan lain sebagainya.

Tidak hanya berhenti sampai di situ, lebih jauh pihaknya juga memberikan  pendampingan kepada masyarakat untuk membuat lembaganya sendiri atau apapun itu, misalnya dengan membentuk koperasi bahkan sampai membuka bengkel, bahkan usahanya sendiri, sehingga diharapkan masyarakat juga bisa memiliki income atau pendapatannya sendiri.

Kemudian kedua, jauh dari itu pihaknya juga mengirimkan pemuda-pemudi setempat, untuk kuliah ke Politeknik Gajah Tunggal di Tangerang selama 3 (tiga) tahun, dan semua biayanya ditanggung oleh PT. Indomoro Kencana.

“Ini sudah masuk ke angkatan ke-3, bahkan di pertengahan tahun ini sudah ada yang lulus. Hasilnya sejauh ini sudah berjalan dengan bagus dan sangat luar biasa. Sementara ini, fokus kami lebih diprioritaskan kepada masyarakat di sekitar lokasi tambang,” terangnya.

Muliawan juga menambahkan, intinya ini merupakan sebuah upaya yang dilakukan oleh PT. Indomoro Kencana, untuk berkembang bersama-sama dengan masyarakat setempat. Sehingga, harapannya pihaknya juga bisa memberikan suatu manfaat bagi masyarakat sekitar. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV   

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!