Mahasiswa KKN-T Mandiri UPR Membangun Desa Sungai Paring Perkenalkan Produk Olahan Makanan Berbahan Dasar Rotan Muda

 Mahasiswa KKN-T Mandiri UPR Membangun Desa Sungai Paring Perkenalkan Produk Olahan Makanan Berbahan Dasar Rotan Muda

FOTO : Produk Olahan Makanan Berbahan Dasar Rotan Muda berupa Stik dan Kripik, hasil olahan Kelompok KKN-T Mandiri UPR Membangun Desa Sungai Paring.

Kaltengnews.co.id – Sungai Paring, Cempaga – Program kerja (Proker) unggulan dari kelompok mahasiswa KKN-T Mandiri UPR periode I Desa Sungai Paring, salah satunya adalah memperkenalkan produk unggulan berbahan dasar rotan muda menjadi stik atau kripik yang merupakan hasil SDA unggulan yang memiliki potensi nilai tinggi untuk dijadikan bahan makanan khas Desa Sungai Paring, Kecamatan Cempaga, Kabupaten Kotawaringin Timur.

Hal tersebut disampaikan oleh ketua kelompok KKN-T Mandiri UPR Periode 1 desa Sungai Paring, Saudari Cenni, Senin (18/04/2022).

“Kami dari kelompok KKN-T Mandiri UPR Periode 1 Desa Sungai Paring berinisiatif melakukan pembuatan produk Stik atau Kripik yang berbahan dasar Rotan Muda. Adapun gagasan ini muncul, atas dasar pemanfaatan potensi Hasil Sumber Daya Alam yang ada di Desa Sungai Paring,”katanya.

Lanjut Cenni menyebutkan adapun tujuan lain, adalah membantu pihak desa dan masyarakat, dalam mengembangkan hasil sumber daya alam yang menjadi produk unggulan agar dijadikan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Desa Sungai Paring.

“Produk olahan stik atau kripik rotan muda ini, kemudian kami perkenalkan kepada aparatur Desa, ibu-ibu PKK dan Masyarakat agar dapat dikembangkan Kembali menjadi salah satu produk unggulan desa Sungai Paring kedepannya,”ujarnya.

Sementara itu, Sekertaris Desa Sungai Paring Syahril menyampaikan produk olahan stik atau kripik rotan ini, diharapkan bisa membantu desa setempat, dalam pengembangan hasil Sumber Daya Alam (SDA) desa setempat.

“Menurut saya, ini merupakan ide yang sangat baik untuk dikembangkan, perlu kita ketahui desa Sungai Paring merupakan penghasil rotan yang masih banyak. Di sini rotan muda hanya dijadikan sebagai bahan makanan berupa sayur-sayuran. Melalui produk olahan mahasiswa KKN UPR ini maka diharapkan dapat membantu desa mengembangkan produk unggulan desa,”katanya.

Syahril juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada mahasiswa KKN-T Mandiri UPR Periode 1 atas ide yang telah diberikan, semoga ini dapat dikembangkan oleh masyarakat desa Sungai Paring kedepannya. (*)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *