Mahasiswa KKN-T Mandiri UPR Membangun Desa Pematang Limau Lakukan Inovasi dan Sosialisasikan Prokes kepada Masyarakat

 Mahasiswa KKN-T Mandiri UPR Membangun Desa Pematang Limau Lakukan Inovasi dan Sosialisasikan Prokes kepada Masyarakat

FOTO : Mahasiswa KKN-T Mandiri UPR membangun Desa Pematang Limau melakukan foto bersama dengan pihak Kesehatan dari Rimba Raya.

Kaltengnews.co.id – Pematang Limau, Seruyan Hilir – Kelompok KKN-T Mandiri UPR Membangun Desa Pematang Limau, juga memiliki program kerja (Proker) di bidang kesehatan. Salah satunya, dengan cara melaksanakan kegiatan sosialisasi, terkait Protokol Kesehatan (Prokes) dan beberapa upaya pencegahan penyebaran Covid-19, Sabtu (16/04/2022).

Pada kegiatan sosialisasi tersebut, anggota Kelompok KKN-T Mandiri UPR Membangun Desa Pematang Limau, Anggelia Widya Putri menyampaikan bahwa pencegaran penyebaran Covid-19 tidak hanya menjadi tugas utama dari pemerintah saja, melainkan hal itu juga sudah menjadi tanggung jawab dari seluruh masyarakat.

Seperti halnya, masyarakat di wilayah Desa Pematang Limau, Kecamatan Seruyan Hilir, Kabupaten Seruyan ini juga memiliki tugas dan tanggung jawab yang sama, yakni terhadap upaya menekan sebaran Covid-19 di tengah-tengah masyarakat.

“Adapun langkah yang bisa dilakukan oleh masyarakat setempat guna mendukung upaya pemerintah, dalam menekan risiko sebaran Covid-19, yakni dengan cara mematuhi protokol kesehatan. Misalnya, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas, bahkan kalau bisa menghindari makan bersama dan foto bersama,”terangnya.

Lanjut Anggelia Widya Putri mengutarakan, kendati situasi pandemi Covid-19 sempat menyulitkan kelompok KKN-T Mandiri UPR Membangun Desa dalam menjalani program kerjanya, hal itu bukan berarti menjadi suatu alasan pembatas bagi mahasiswa KKN-T UPR dalam mengembangkan kreatifitas dan inovasi yang diwujudkan melalui sejumlah program kerja yang bernilai positif dan solutif bagi masyarakat setempat.

Selain itu, Ia juga mengatakan bahwa pihaknya telah melaksanakan pembagian masker untuk warga desa, sebagai salah satu upaya melaksanakan anjuran pemerintah, agar warga selalu menggunakan masker, terutama saat berada di luar rumah.

“Kami juga, telah melakukan penyuluhan terhadap masyarakat di Balai Desa dan Posyandu Pematang Limau. Hal ini dilakukan agar setiap warga bisa mematuhi protokol kesehatan,”katanya.

Dirinya juga menambahkan selama masa pandemi Covid-19, warga di Desa Pematang Limau terlebih bagi masyarakat setempat yang memiliki usaha, juga terkendala penjualan, dimana setiap bulan terjadi penurunan omzet.

“Untuk mengatasi hal tersebut, maka kami bersama kelompok KKN-T Mandiri UPR Membangun Desa Pematang Limau melakukan sebuah inovasi, yakni membuat website untuk melakukan penjualan melalui online,”imbuhnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat setempat agar bisa menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) guna mendukung terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat, juga menggiatkan gerakan bersih lingkungan di seluruh Desa Pematang Limau. (*)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV  

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!