Kebijakan Cuti Bersama Idul Fitri 1443 H / 2022 M Diyakini bawa ‘Angin Segar’ terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Kalteng

 Kebijakan Cuti Bersama Idul Fitri 1443 H / 2022 M Diyakini bawa ‘Angin Segar’ terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Kalteng

FOTO : Kepala Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia, Yura Djalins.

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Adanya kebijakan dari pemerintah pusat, terkait cuti bersama pada Hari Raya Idul Fitri 1443 H / 2022 M membawa ‘angin segar’ atau memberikan dampak positif, pada pertumbuhan ekonomi di wilayah Kalimantan Tengah, khususnya dari sisi konsumsi. Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh Kepala Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPw-BI) Provinsi Kalimantan Tengah, Yura Djalins, Rabu (13/04/2022).

“Bank Indonesia menilai penerapan kebijakan cuti bersama dan diperbolehkannya mudik pada hari raya Idul Fitri 1443 H/ 2022 M, tentunya akan berdampak positif, sekaligus pula diyakini mampu mendorong pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Tengah, utamanya dari sisi konsumsi masyarakat,”ucapnya.

Lanjut Yura mengatakan hal ini seiring dengan peningkatan aktifitas masyarakat, secara historis permintaan penarikan uang oleh perbankan dari Bank Indonesia (outflow/ uang keluar dari Bank Indonesia, red) akan meningkat, terlebih menjelang puasa Ramadhan dan Idul Fitri.

“Khususnya, Bank Indonesia Kalimantan Tengah mencatat jumlah outflow pada bulan Maret 2022 sebesar Rp1.022,2 miliar, atau meningkat 63,88% bila dibandingkan bulan Februari 2022 kemaren, yakni sebesar Rp623,8 miliar,”terangnya.

Dirinya juga mengutarakan bahwa pada April 2022 ini, jumlah outflow diprakirakan kembali meningkat seiring diterapkannya kebijakan pemerintah terkait kewajiban pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) yang wajib dibayarkan paling lambat 7 (tujuh) hari sebelum hari raya keagamaan.

Selanjutnya, berdasarkan data proyeksi penarikan uang yang dihimpun melalui Perbankan, maka diperkirakan kebutuhan uang pada bulan Ramadhan tahun 2022 ini sebesar Rp 2,4 triliun, jumlah ini meningkat dari realisasi tahun sebelumnya (year on year) yakni menyentuh angka Rp 2,1 triliun.

Sebagai informasi, menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H / 2022 M ini, BI Kalteng juga akan membuka layanan penukaran uang kartal, melalui kegiatan kas keliling di 2 (dua) titik penukaran sebesar Rp. 370 juta melalui aplikasi Pintar.

“Secara total untuk memenuhi kebutuhan uang kartal di bulan Ramadhan tahun 2022, BI Kalteng sudah menyiapkan uang sebesar Rp3,3 triliun yang disiapkan untuk memenuhi kebutuhan uang di masyarakat melalui perbankan yang dilakukan melalui penarikan di loket/mesin ATM/CRM maupun melalui penukaran di loket teller.”tandas Yura Djalins (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!