Jelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Pemda Diminta Lakukan Pengawasan Suplai Ketersediaan Sembilan Bahan Pokok

 Jelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Pemda Diminta Lakukan Pengawasan Suplai Ketersediaan Sembilan Bahan Pokok

FOTO : Anggota Komisi II DPRD Kalteng Bidang SDA dan Perekonomian, Ir. H. Wisman, MSi

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Kalangan DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) meminta seraya mendorong pemerintah daerah (Pemda) baik itu pemerintah provinsi, kabupaten maupun kota se-Kalimantan Tengah agar memastikan pasokan ketersedian bahan pokok selama bulan Ramadhan sampai dengan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H / 2022 M.

Hal tersebut disampaikan oleh anggota Komisi II DPRD Kalteng Bidang SDA dan Perekonomian, Ir. H. Wisman, MSi, saat dibincangi redaksi Kaltengnews.co.id, baru-baru ini.

Menurut H. Wisman, pengawasan terhadap pasokan 9 (sembilan) bahan pokok menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan, terlebih disaat bulan Ramadhan hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H mendatang.

“Yang penting suplai 9 bahan pokok selalu tersedia di pasar. Karena, suplai itu sangat berpengaruh pada permintaan dan penawaran. Maka, apabila suplainya tersedia di pasar, diyakini tidak akan menimbulkan kepanikan di masyarakat, dan harapannya harga juga cukup terkendali, tidak mengalami kenaikan atau lonjakan harga yang signifikan,”ujarnya.

Ia juga menambahkan kenaikan harga sesaat menjelang hari besar keagamaan, seperti Hari Raya Idul Fitri 1443 H ini, dan itu seolah-olah sudah menjadi suatu siklus yang umum terjadi.

Kendati demikian, ia juga berharap seraya meminta kepada pemerintah daerah agar selalu melakukan pengawasan terhadap suplai pasokan 9 bahan pokok, serta melakukan pengecekan harga.

“Apabila nanti, memang ditemukan lonjakan harga yang signifikan, diharapkan pemerintah daerah juga melakukan sejumlah langkah strategis guna mengatasi hal tersebut, misalnya dengan menggelar pasar murah, pasar penyeimbang, bazar dan sebagainya.” tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!