Dorong Pemkab Katingan Promosikan Wisata Budaya

 Dorong Pemkab Katingan Promosikan Wisata Budaya

FOTO Dokumen Narasumber – Anggota DPRD Katingan, H. Hanafi.

KALTENGNEWS.co.id – KASONGAN – Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Katingan mendorong pemerintah daerah melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Katingan untuk lebih aktif mempromosikan wisata budaya di Bumi Penyang Hinje Simpei.

Hal ini diungkapkan Anggota DPRD Katingan, H. hanafi saat pulang dari perjalanan dinasnya dalam rangka kunjungan kerja ke Kabupaten Kutai Kartanegera, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) selama lima hari bersama anggota komisi II lainnya.

“Dalam kunjungan kerja ini saya menyempatkan diri ke salah satu obyek wisata di Kaltim dan secara kebetulan pada saat itu mereka menggelar Festival Budaya.

“Dalam festival budaya tersebut yang kami saksikan sangat menakjubkan,” jelas legislator Partai Persatuan Pembangunan (PPP), belum lama ini.

Diungkapkan Festival Budaya tersebut bukan hanya sebagai ajang promosi dan mengangkat bakat masyarakat dari budaya saja, melainkan juga dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten setempat.

“Karena untuk menyaksikan Festival Budaya ini, baik masyakarat lokal maupun masyarakat dari luar daerah wajib membayar tiket masuk ke area tersebut,” ucapnya.

Festival yang laksanakan tidak hanya digelar setahun sekali saja, tapi setiap  ada momen atau di hari-hari besar nasional dan di hari besar keagamaan serta di Hari Ulang Tahun (HUT) daerah Kabupaten setempat ataupun di HUT Provinsi Kaltim.

“Sehingga, kebudayaan di daerah inilah akan selalu diingat oleh semua masyarakat setempat. Bahkan para wisatawan yang menyaksikannya bukan hanya masyarakat lokal saja, melainkan juga dari berbagai daerah hingga dari manca negara. Inilah yang menjadi perhatian atau sebagai contoh yang perlu dilakukan atau dipraktekkan di Kabupaten Katingan,” jelas anggota dewan asal dapil Katingan I yang meliputi wilayah kecamatan Katingan Hilir, Tewang Sangalang Garing dan Pulau Malan ini. (Rul/anggra)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!