Diyakini UMKM Di Palangka Raya Mampu Terus Berkembang

 Diyakini UMKM Di Palangka Raya Mampu Terus Berkembang

FOTO : Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Ray, Nenie A. Lambung 

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Ketua Komisi B DPRD Palangka Raya, Nenie A Lambung mendorong Pemerintah Kota Palangka Raya melalui pihak terkaitnya, untuk terus melakukan berbagai upaya bagi para pelaku usaha atau UMKM, agar bisa bersaing dalam memasarkan produk.

“Termasuk mendorong pelaku UMKM menjadi pelaku usaha yang handal dan menghasilkan produk disukai masyarakat di dalam negeri sendiri. Atau produknya menjadi raja dalam negeri sendiri,”katanya, Minggu (24/4/2022).

Memang sejauh ini sambung Nenie, ia melihat Pemerintah Kota Palangka Raya melalui pihak terkaitnya, telah berupaya memfasilitasi dan membantu para UMKM dalam berbagai sisi.

“Seperti memberikan pelatihan dan keterampilan, lalu menjembatani penguatan modal dengan pihak perbankan, serta pembuatan kemasan/pakejing, agar produk yang dihasilkan UMKM lebih terlihat menarik,”jelasnya.

Tidak berhenti sampai disitu saja, pemko kata Nenie juga telah melakukan peningkatan SDM bagi para pelaku usaha dengan mengadakan pelatihan membuat produk. Termasuk pelatihan pemasaran produk.

“Jadi tinggal memperkuat produk usaha UMKM, agar bisa bersaing dalam memasarkan produk,”ujarnya.

Srikandi DPRD Palangka Raya ini melihat, banyak pelaku UMKM yang terkendala dalam pemasaran karena berjualan berpindah. Maka itu pemerintah kata dia, perlu memfasilitasi UMKM lokal untuk berbisnis secara digital.

Disisi lain diakuinya, penggunaan smartphone dalam tindakan ekonomi dapat menjadi sebuah peluang usaha ekonomi kreatif dengan nilai ekonomis yang sangat tinggi.

Sebab itu, UMKM harus memiliki kesiapan dan bekal sumber daya yang handal didasari oleh tekad untuk siap berubah dalam menyikapi tantangan kekinian danm mewujudkan UMKM naik kelas berbasis digital.

Ditambahkannya, kehadiran dunia online dengan berbagai media sosial dan market place, harus dimanfaatkan secara optimal oleh UMKM untuk membangun pasar dan meningkatkan promosi.

“Strategi dan cara pengelolaan sebuah bisnis berpengaruh besar dengan omset yang dicapai. Kami sebagai wakil rakyat akan terus, melakukan yang terbaik agar masyakat tetap mencintai/mengguna produk didaerahnya sendiri.”tandasnya. (VD/YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!