Cegah Karhutla, Mahasiswa KKN-T Mandiri UPR Membangun Desa beri Edukasi dan Sosialisasi kepada Masyarakat

 Cegah Karhutla, Mahasiswa KKN-T Mandiri UPR Membangun Desa beri Edukasi dan Sosialisasi kepada Masyarakat

FOTO : Mahasiswa KKN-T Mandiri Universitas Palangka Raya (UPR) membangun Desa Pematang Limau bersama dengan Camat Seruyan Hilir, Perangkat Desa Pematang Limau, Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas setempat.

Kaltengnews.co.id – Pematang Limau, Seruyan Hilir – Kelompok KKN-T Mandiri UPR di desa Pematang Limau berkerjasama dengan Pihak Kecamatan Seruyan Hilir, Perangkat Desa Pematang Limau, Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas melakukan penyuluhan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dengan tujuan memberikan edukasi dan menyadarkan masyarakat, terkait pencegahan karhutla, Kamis (14/4/2022).

Hal ini disampaikan oleh ketua kelompok KKN-T Mandiri UPR Membangun Desa Pematang Limau Herman Antoni Saputra kepada redaksi Kaltengnews.co.id, melalui pesan WhatsApp messenger pribadinya.

“Kegiatan sosialisasi ini dilakukan untuk tujuan edukasi dan memberikan kesadaran kepada masyarakat setempat, terkait upaya pencegahan karhutla. Di mana, harapannya melalui kegiatan sosialisasi ini, masyarakat bisa bersama-sama mencegah terjadinya karhutla, dan semoga saja karhutla dapat berkurang bahkan tidak terjadi lagi,”ujarnya.

Menurut Herman, salah satu penyebab utama terbesar terjadinya karhutla, adalah pada perilaku dan kesadaran dari masyarakat itu sendiri. Maka dari itu, di butuhkan sebuah formulasi dalam bentuk sosialisasi di tengah-tengah masyarakat.

Adapun sosialisasi yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN-T Mandiri UPR membangun desa Pematang Limau ini adalah dengan memberikan pengetahuan tentang bahaya dampak karhutla dan cara pencegahannya.

Herman juga menjelaskan dalam kegiatan tersebut Kelompok KKN-T Mandiri UPR Membangun desa Pematang Limau, juga turut mengundang beberapa pihak seperti Pihak Kecamatan Seruyan Hilir, Perangkat Desa Pematang Limau, Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas setempat.

“Dalam Penyuluhan Pencegahan karhutla kami turut mengundang Pihak Kecamatan Seruyan Hilir, Perangkat Desa Pematang Limau, Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas untuk ambil bagian dalam kegiatan tersebut,”ujarnya lagi.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas setempat Brigpol Yohanes Werren menyampaikan apresiasi kepada Kelompok KKN-T Mandiri UPR Membangun Desa Pematang Limau, karena sudah melaksanakan kegiatan penyuluhan karhutla. Kegiatan ini dinilai sangat positif dan bermanfaat bagi masyarakat setempat.

“Saya menilai, kegiatan ini sangat bagus sekali guna memberikan Pemahaman dan kesadaran kepada masyarakat. Diharapkan pula, setelah selesainya kegiatan penyuluhan pencegahan kebakaran hutan dan lahan ini tingkat kesadaran msyarakat semakin tinggi sehingga dapat mengurangi resiko kebakaran hutan dan lahan yang ada di desa Pematang Limau ini.”tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!