BI Kalteng Punya Cita-cita Hantarkan UMKM Lokal Rambah Pasar Ekspor

 BI Kalteng Punya Cita-cita Hantarkan UMKM Lokal Rambah Pasar Ekspor

FOTO : Kepala Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Kalimantan Tengah, Yura Djalins.

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Kepala Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPw-BI) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Yura Djalins menyampaikan bahwa pihaknya memiliki suatu keinginan sekaligus cita-cita untuk mendorong para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di wilayah Bumi Tambun Bungai agar bisa sampai merambah ke pasar ekspor.

“Untuk mewujudkan cita-cita kami tersebut, yakni dengan melakukan upaya peningkatan kapabilitas perajin melalui pelatihan dan pendampingan, sehingga kualitas produk yang dihasilkan terus berkembang dengan kuantitas yang stabil,” ucap Kepala KPw-BI Kalteng, Senin (04/04/2022).

Lanjut Yura mengatakan bahwa adapun pelatihan yang diberikan tidak hanya sebatas membuat produk yang baik, dengan desain yang up to date dan premium. Namun, juga bagaimana cara menjual, memasarkan barang dengan memanfaatkan teknologi informasi, media sosial dan e-commerce. Sehingga, dari sisi penawaran maupun permintaan akan semakin siap.

“Khususnya untuk merespon potensi ekspor, kami tengah merancang program pelatihan menembus pasar ekspor, bagaimana prosedurnya, apa yang harus dipenuhi dan tips dan trik yang harus dimiliki bagi pelaku pemula. Program ini bekerjasama dengan pihak-pihak yang kompeten dan praktisi yang mampu menjawab tantangan yang ada,”ujarnya lagi.

Selain itu, sambung Yura mengungkapkan dalam kondisi saat ini yang penuh keterbatasan, baik mobilitas maupun anggaran untuk melakukan pameran di luar negeri, pihaknya juga memiliki strategi khusus, yakni melakukan kerjasama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia di luar negeri.

Seperti, perwakilan BI di Singapura, Beijing, Tokyo, London dan New York dan atase perdagangan di luar negeri, dengan mengirimkan produk UMKM Kalteng untuk turut dipamerkan di sana dan juga sebagai salah satu bentuk business matching.

“Alhamdulillah, pada Februari lalu, salah satu UMKM kerajinan rotan di Kabupaten Pulang Pisau berhasil menarik perhatian calon pembeli di Jepang. Bahkan informasinya saat ini mereka tengah melakukan komunikasi untuk memenuhi persyaratan-persyaratan yang diminta calon pembeli,”ungkapnya.

Tidak hanya itu, ujar Yura, ada pula salah satu produk makanan lokal Kalteng yang telah menarik perhatian atase perdagangan dan KJRI Osaka.

“Yang ini masih kami koordinasikan lebih lanjut. Semoga dapat menarik perhatian masyarakat Jepang dan berlanjut ke kerjasama perdagangan yang lebih besar lagi.”tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!