Terkait Fungsi Pengawasan Keuangan Daerah, DPRD Kalteng Terima Kunker DPRD Hulu Sungai Selatan

 Terkait Fungsi Pengawasan Keuangan Daerah, DPRD Kalteng Terima Kunker DPRD Hulu Sungai Selatan

FOTO : DPRD Kalteng menerima kunker Komisi III DPRD Kabupaten Hulu Sungai Selatan, terkait berbagi informasi tentang fungsi pengawasan dewan terhadap penggunaan keuangan daerah. Kegiatan berlangsung di Ruang Rapat Gabungan DPRD Kalteng, Selasa (29/3/2022) pagi. 

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Kalangan DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menerima kunjungan kerja dari perwakilan anggota DPRD Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Pertemuan berlangsung di Ruang Rapat Gabungan DPRD Kalteng, Jalan S. Parman, Kota Palangka Raya, Selasa (29/3/2022) pagi.

Sebagai informasi, adapun anggota Komisi III DPRD Hulu Sungai Selatan yang berkunjung saat itu, diantaranya H. Iwan Setiawan; H. Husnan, S.Ag; Muhlis Ridhani, ST dan Surya Rizani. Di mana, tujuan dari kunjungan kerja tersebut, yakni berbagi informasi terkait Fungsi Pengawasan DPRD dalam penggunaan Keuangan Daerah.

Rombongan diterima langsung oleh Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalteng Bidang Hukum, Keuangan dan Pemerintahan, Kuwu Senilawati didampingi anggota H. Sugiarto serta Inspektur Kalteng, Kepala Satpol PP Kalteng Baru I Sangkai dan perwakilan dari SOPD di lingkungan pemerintah provinsi (Pemprov) Kalteng.

Dalam pertemuan tersebut, Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalteng Kuwu Senilawati menyampaikan ucapan selamat datang kepada rombongan legislator dari Komisi III DPRD Kabupaten Hulu Sungai Selatan di DPRD Provinsi Kalimantan Tengah.

“Kami sangat senang dan bersyukur, atas kunjungan kawan-kawan legislator dari Komisi III DPRD Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Ini merupakan kesempatan yang sangat baik untuk kita saling mengenal, berbagi informasi dan pengalaman terkait fungsi pengawasan dewan terhadap penggunaan keuangan daerah,”ucapnya.

Lanjut Kuwu menjelaskan, terkait fungsi pengawasan DPRD Kalteng terhadap penggunaan keuangan daerah, maka pihaknya membentuk panitia khusus (Pansus). Di mana, tugas dari pansus itu sendiri, yakni mengawasi setiap kegiatan yang menggunakan/bersumber dari keuangan daerah.

“Kami, tidak hanya mengawasi setiap anggaran yang keluar, tapi juga melakukan pengawasan terhadap potensi dana yang masuk. Artinya, kami juga mendorong setiap potensi yang dapat menjadi sumber pemasukan di setiap SKPD, misalnya dengan mengoptimalkan pendapatan daerah dari sektor pajak yang tidak berpotensi melanggar peraturan perundangan-undangan yang berlaku,”ungkapnya.

Jadi, sambung Kuwu mengatakan bahwa pihaknya tidak hanya mengawasi anggaran yang keluar, melainkan juga mendorong kepada setiap instansi untuk bisa menggali potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kalteng. Ini memang sudah menjadi tugas bersama dari pihak legislatif maupun eksekutif.

“Karena, apabila PAD Kalteng meningkat, maka tentunya akan berpengaruh pada pembiayaan program pembangunan di daerah. Yang mana, hal ini semuanya semata-mata bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu sendiri,”imbuhnya.

Sementara itu, mewakili rombongan Komisi III DPRD Hulu Sungai Selatan, Muhlis Ridhani, ST menyampaikan adapun maksud kedatangannya ke DPRD Kalteng, adalah dalam rangka kunjungan kerja, sekaligus pula melakukan kunjungan silaturahmi bersama DPRD Kalteng.

“Selain itu, tujuan dari kunker ini untuk berbagi informasi terkait Fungsi Pengawasan DPRD dalam penggunaan Keuangan Daerah,”ucapnya kepada redaksi Kaltengnews.co.id, usai melaksanakan pertemuan dengan perwakilan DPRD Kalteng.

Lanjut Legislator dari Fraksi Partai Golkar DPRD Hulu Sungai Selatan ini juga mengatakan bahwa dari pertemuan ini, banyak informasi yang didapat. Terutama, terkait fungsi pengawasan dewan terhadap keuangan daerah.

“Salah satunya, terkait fungsi pengawasan yang tidak hanya fokus pada pengawasan penggunaan anggaran, tapi juga bagaimana dewan berperan mendorong pemerintah daerah agar menggali potensi sumber pendapatan daerah untuk peningkatan PAD,”ujarnya.

Ditambahkan Muhlis, beberapa catatan dari pertemuan hari ini, selanjutnya akan kita rangkum dan ditindaklanjuti sebagai bahan pembelajaran bersama. Semoga saja, melalui hasil pertemuan bersama DPRD Kalteng ini, juga dapat menjadi suatu rekomendasi bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan, agar kedepannya lebih giat lagi, menggali sumber-sumber potensi pendapatan daerah untuk peningkatan PAD. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!