Rombongan PTN dan PTS KKN Kebangsaan Tinjau Lokasi Food Estate Desa Belanti Siam

 Rombongan PTN dan PTS KKN Kebangsaan Tinjau Lokasi Food Estate Desa Belanti Siam

FOTO : Ketua Forum Komunikasi KKN Kebangsaan periode tahun 2022-2023, Dr. Ir. Aswin Usup, MSc saat menyampaikan sambutan, di sela kegiatan peninjauan lapangan di Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau, Rabu (30/03/2022). 

Kaltengnews.co.id – PULANG PISAU – Setelah melaksanakan kunjungan di Kabupaten Kapuas, selanjutnya rombongan perwakilan PTN dan PTS se-Indonesia, kemudian melanjutkan perjalanan peninjauan lapangan ke Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau, Rabu (30/03/2022) sore.

Rombongan dipimpin oleh Ketua Forum Komunikasi KKN Kebangsaan periode tahun 2022-2023, Dr. Ir. Aswin Usup, MSc dan Inisiator KKN Kebangsaan Dr. Hasrullah, MA dan diterima oleh Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Pulang Pisau Tony Harisinta beserta Forkompinda, kepala SOPD dan perwakilan masyarakat petani daerah setempat.

Dalam kesempatan tersebut, Dr. Ir. Aswin Usup, MSc yang juga selaku Ketua Panitia KKN Kebangsaan dan KKN Bersama UPR tahun 2022 ini menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih sebesar-besarnya, atas sambutan baik dari masyarakat dan pemerintah kabupaten (Pemkab) Pulang Pisau, kepada rombongan perwakilan PTN dan PTS di wilayah setempat.

“Kami juga memohon maaf, atas keterlambatan rombongan tiba di lokasi ini. Selain itu, kami juga sangat mengapresiasi persiapan panitia, karena sedari pagi sudah mempersiapkan acara ini. Tidak kalah pentingnya lagi kepada Pemkab Pulang Pisau yang telah menerima dan menyambut baik kami untuk meninjau lokasi pelaksanaan KKN Kebangsaan dan KKN Bersama UPR tahun 2022 di Kabupaten Pulang Pisau,”ujarnya.

Lanjut Dr. Aswin mengatakan adapun maksud kunjungan ke Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau ini, masih dalam rangkaian peninjauan lapangan dari perwakilan PTN dan PTS yang nanti akan menjadi peserta pada kegiatan KKN Kebangsaan dan KKN Bersama UPR, yang akan resmi mulai dilaksanakan pada tanggal 17 Juli 2022 mendatang.

“Perlu diketahui, adapun alasan kenapa kita memilih tanggal 17 Juli 2022 untuk memulai pelaksanaan KKN Kebangsaan, yakni dikarenakan bertepatan dengan hari jadi Provinsi Kalimantan Tengah yang juga diperingati setiap tanggal 17 Juli pada setiap tahunnya.”

“Kami sangat berharap, melalui KKN Kebangsaan dan KKN Bersama UPR ini, bisa menjadi wujud peran nyata dari Perguruan Tinggi dalam mengimplementasikan Tri Darma Perguruan Tinggi, yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.”

“Melalui KKN Kebangsaan dan KKN Bersama UPR nantinya bisa menjadi momentum yang bersejarah bagi masyarakat Kalimantan Tengah, khususnya bagi masyarakat di desa-desa yang berada di kabupaten Pulang Pisau maupun Kabupaten Kapuas, karena telah menjadi tempat lokasi pelaksanaan even nasional pendidikan perguruan tinggi se-Indonesia,”timpalnya.

Dr. Aswin juga mengutarakan bahwa tujuan dari peninjauan lapangan ini juga dimaksudkan untuk lebih mengenalkan masyarakat kepada perwakilan PTN dan PTS di Indonesia yang akan mengikuti kegiatan KKN Kebangsaan dan KKN Bersama UPR di wilayah ini.

Begitupun sebaliknya, perwakilan dari PTN dan PTS yang mengikuti kegiatan peninjauan lapangan hari ini, juga bisa memperoleh gambaran, terkait sejumlah program kerja (Proker) KKN Kebangsaan dan KKN Bersama nanti yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat dan daerah setempat.

“Misalnya, saat ini lahan padi dalam 1 kali panen hanya bisa menghasilkan 5 ton beras, kedepan melalui Proker yang dijalankan oleh mahasiswa dan peneliti dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, bisa meningkat menjadi 8 bahkan 10 ton. Atau mungkin masih ada lagi beberapa program yang dianggap penting untuk daerah ini,”ungkapnya.

Selebihnya, Ia juga berharap kepada seluruh perwakilan PTN dan PTS se-Indonesia, setelah melakukan kunjungan peninjauan lapangan ini, selanjutnya bisa merumuskan sejumlah program kerja strategis yang dapat diimplementasikan oleh mahasiswa atau peserta KKN Kebangsaan dan KKN Bersama UPR di daerah setempat.

Sehingga, harapannya melalui kegiatan KKN Kebangsaan dan KKN Bersama UPR tahun 2022 ini, dapat benar-benar memberikan manfaat bagi masyarakat dan kemajuan pembangunan di desa setempat.

Sebagai informasi, untuk lokasi KKN Kebangsaan dan KKN Bersama di wilayah Kabupaten Pulang Pisau, berada di 33 desa yang tersebar di Kecamatan Pandih Batu, Kecamatan Jabiren Raya, Maliku dan Kahayan Hilir. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV   

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!