Proker KKNT-Mandiri UPR Membangun Desa Pematang Panjang Dukung Terciptanya Ketahanan Pangan

 Proker KKNT-Mandiri UPR Membangun Desa Pematang Panjang Dukung Terciptanya Ketahanan Pangan

KKNT-MANDIRI UPR PERIODE I TAHUN 2022 : Kelompok KKNT-Mandiri UPR di Desa Pematang Panjang, yakni mendukung terciptanya ketahanan pangan dengan cara melakukan penanaman bibit mangga dan jambu kristal di sekitar perkarangan warga di lingkungan RT. 10 desa setempat. (Foto IST.)

 

Kaltengnews.co.id – Pematang Panjang, Seruyan – Salah satu program kerja atau Proker yang dilaksanakan oleh kelompok KKNT-Mandiri UPR Membangun Desa Pematang Panjang, Kecamatan Seruyan Hilir, Kabupaten Seruyan adalah mendukung terciptanya ketahanan pangan, yakni dengan cara melakukan penanaman bibit mangga dan jambu kristal di pekarangan pada lingkungan RT. 10 desa setempat.

Hal ini disampaikan oleh Ketua LPPM-UPR Dr. Ir. Aswin Usup, MSc melalui Ketua Unit KKNT-Mandiri LPPM-UPR Dr. Miar P. Bakar, SE, MSi, kepada redaksi Kaltengnews.co.id, melalui pesan WhatsApp pribadinya, Senin (14/03/2022) pagi.

“Kegiatan penanaman bibit mangga dan jambu kristal ini merupakan salah satu program kerja yang dilaksanakan oleh kelompok KKNT-Mandiri UPR Membangun Desa Pematang Panjang, pada hari Jumat 11 Maret 2022 kemaren,”tulisnya.

KKNT-MANDIRI UPR PERIODE I TAHUN 2022 : Kelompok KKNT-Mandiri UPR Membangun Desa Pematang Panjang, Kecamatan Seruyan Hilir, Kabupaten Seruyan, sehari sebelumnya mempersiapkan dan membersihkan bibit mangga dan jambu kristal yang akan ditanam. (Foto IST.)

 

Menurut Dr. Miar, adapun tujuan dari program kerja penanaman bibit mangga dan jambu kristal di pekarangan warga di lingkungan RT. 10 desa setempat, tidak lain dalam rangka mendukung terciptanya ketahanan pangan warga desa setempat.

“Sangat penting untuk menyiasati kecukupan kebutuhan warga, yakni dengan memanfaatkan lahan perkarangan di rumah masing-masing. Ya, minimal itu bisa mencukupi kebutuhan pangan untuk keluarga sendiri.”

“Selain itu, ketika ketahanan pangan dapat tercipta, maka tentunya pengeluaran rumah tangga juga dapat semakin dihemat, dan biaya tersebut bisa digunakan untuk kebutuhan lain yang sama pentingnya,” ujar Dr. Miar.

Lebih dalam, Dirinya juga mengakui meski jumlah bibit mangga dan jambu kristal yang ditanam tidak seberapa, namun pihaknya berharap melalui kegiatan tersebut, pihaknya bisa memberikan suatu ‘kesan dan pesan’ kepada warga setempat agar bisa memaksimalkan perkarangan rumahnya untuk menjadi lebih produktif lagi.

“Ya, kalaupun itu memang bisa ditekuni maka tidak menutup kemungkinan akan menjadi sumber pendapatan tambahan rumah tangga. Karena, hasil dari pekarangan kita, apabila itu memungkinkan bahkan bisa di jual ke pasar, atau setidaknya hanya untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga sendiri,” imbuhnya.

Ia juga menambahkan bahwa kelompok KKNT-Mandiri di Desa Pematang Panjang, selama menjalankan program kerjanya tetap mendapat pendampingan dari seorang dosen pendamping lapangan (DPL) yakni Pandriyani, SP, M.Si.

Selain itu, tujuan dari kegiatan KKNT-Mandiri UPR periode ini, sesuai dengan temanya yakni ‘Peran Perguruan Tinggi Dalam Pembangunan di Pedesaan.’

“Melalui program kerja yang dilaksanakan oleh kelompok KKNT-Mandiri UPR Membangun Desa Pematang Panjang, diharapkan itu sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan program UPR Membangun Desa, sekaligus pula Implementasi Tri Darma Perguruan Tinggi dan Merdeka Belajar—Kampus Merdeka (MBKM) serta turut mensukseskan program Kementerian Desa, yakni Mewujudkan Desa Mandiri dan Maju,” tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!