Persiapkan SDM Dokter Muda Profesional, UPR Jalin MoU Bidang Pendidikan Bersama Polda Kalteng

 Persiapkan SDM Dokter Muda Profesional, UPR Jalin MoU Bidang Pendidikan Bersama Polda Kalteng

MOU PENDIDIKAN : Rektor UPR Dr. Andrie Elia, SE, diwakili Dekan FK-UPR Prof. Dr. dr. Syamsul Arifin, M.Pd melakukan penandatanganan nota kesepahaman bersama atau MoU dengan Kapolda Kalteng, Irjen Pol. Drs. Nanang Avianto, M.Si. diwakili Wakapolda Brigjen Pol. Ida Oetari Poernamasasi, SAP, MA, dalam hal tempat praktik klinis bagi calon dokter muda dari Fakultas Kedokteran UPR. Kegiatan berlangsung di Mapolda Kalteng, Selasa (15/3/22) pagi.

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Rektor Universitas Palangka Raya (UPR) Dr. Andrie Elia, SE, diwakili Dekan Fakultas Kedokteran (FK) UPR Prof. Dr. dr. Syamsul Arifin, M.Pd melakukan penandatanganan nota kesepahaman bersama atau MoU dengan Polda Kalteng dan RSUD Doris Sylvanus, terkait tempat praktik klinis bagi calon dokter muda dari Fakultas Kedokteran UPR. Kegiatan berlangsung di Mapolda Kalteng, Selasa (15/3/22) pagi.

Penandatanganan MoU ini dilakukan oleh Dekan Fakultas Kedokteran UPR Prof. Dr. dr. Syamsul Arifin, M.Pd bersama Rumah Sakit (Rumkit) Bhayangkara Tingkat III Palangka Raya yang disaksikan langsung Kapolda Kalteng, Irjen Pol. Drs. Nanang Avianto, M.Si. diwakili Wakapolda Brigjen Pol. Ida Oetari Poernamasasi, SAP, MA dan sejumlah pejabat utama dari kedua institusi tersebut. Selain itu, kegiatan juga dihadiri oleh Asisten III Sekda Provinsi Kalimantan Tengah, Direktur RSUD Doris Sylvanus.

Saat dikonfirmasi redaksi Kaltengnews.co.id, Dekan Fakultas Kedokteran Prof. Dr. dr. Syamsul Arifin, M.Pd menyampaikan bahwa sebenarnya kegiatan penandatanganan MoU dengan rumah sakit jejaring yang telah dilaksanakan sebelumnya, bersama dengan sejumlah rumah sakit yang ada di wilayah Kota Palangka Raya ini.

“Mengingat, saat ini jumlah mahasiswa yang masuk tahap stase akan semakin banyak, sementara daya tampung di RSUD dr Doris Sylvanus belum bertambah, oleh karena itu kami pun membuka kerjasama dengan rumah sakit jejaring, dengan harapan jumlah mahasiswa yang akan masuk ke tahap stase atau KOAS (praktik, red) akan bisa bertambah lagi.”

“Selain itu, berdasarkan informasi bahwa kedepan Rumah Sakit Bhayangkara juga akan berkembang lagi, menjadi 4 (empat) besar, maksudnya Ilmu Penyakit Dalam, Kebidanan, Bedah dan Anak. Namun, berdasarkan hasil evaluasi, dalam waktu dekat ini kita akan bekerjasama di bagian Anak dulu, sementara melihat dari hasil evaluasi kedepannya,” terang Dekan Fakultas Kedokteran UPR.

Lanjut Prof. Dr. dr. Syamsul Arifin juga mengatakan bahwa kerjasama tersebut, ditujukan bagi kepaniteraan dokter muda yang akan menjalani praktik.

Selain itu, Dirinya juga berharap sekaligus mendorong kepada seluruh rumah sakit jejaring yang bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran UPR agar bisa terus berupaya meningkatkan akreditasinya menjadi rumah sakit satelit dengan memiliki akreditasi pendidikan.

MOU PENDIDIKAN : Dekan FK-UPR Prof. Dr. dr. Syamsul Arifin, M.Pd bersama Wakapolda Brigjen Pol. Ida Oetari Poernamasasi, SAP, MA, saling bertukar cinderamata, di sela-sela kegiatan Penandatanganan MoU. (FOTO IST.)

Sementara itu, Kapolda Kalteng Irjen Pol. Drs. Nanang Avianto, M.Si. diwakili Wakapolda Brigjen Pol. Ida Oetari Poernamasasi, SAP, MA menyampaikan bahwa MoU ini merupakan sejarah baru bagi Polda Kalteng dimana Rumkit Bhayangkara menjadi tempat praktik klinis bagi calon dokter dari Fakultas Kedokteran UPR.

“Melalui teaching hospital, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan calon dokter, sehingga mereka sudah bisa melaksanakan keilmuannya dalam bentuk praktek secara utuh dengan kondisi real di lapangan dan pada saat menjadi dokter langsung bisa digunakan,” ungkap Ida.

Tidak lupa, Ida juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak atas kepercayaannya kepada Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat III Polda Kalteng.

“Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mempercayakan Rumkit Bhayangkara untuk dijadikan teaching hospital bersama dengan RSUD dr. Doris Sylvanus yang memang sudah lebih awal sebagai tempat teaching hospital,” ucapnya.

Wakapolda juga berharap, melalui kerjasama ini dapat mewujudkan peningkatan mutu pelayanan kesehatan RSUD dr. Doris Sylvanus Provinsi Kalimantan Tengah dan Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat III Palangka Raya, serta meningkatkan mutu lulusan bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran UPR. (Don/YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

 KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!