Kelompok KKNT-Mandiri UPR bersama Masyarakat Desa Sanggu Lakukan Penanaman Bibit Tanaman Produktif

 Kelompok KKNT-Mandiri UPR bersama Masyarakat Desa Sanggu Lakukan Penanaman Bibit Tanaman Produktif

KKNT-MANDIRI UPR PERIODE I TAHUN 2022 : Kelompok KKNT-Mandiri UPR bersama perwakilan masyarakat Desa Sanggu, Kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan saat melakukan penanaman bibit tanaman produktif.

Kaltengnews.co.id – SANGGU – Dalam rangka mendukung perekonomian masyarakat Desa Sanggu, Kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan, maka Kelompok KKNT-Mandiri UPR Membangun Desa Implementasi MBKM periode I tahun 2022 juga melaksanakan program di bidang lingkungan dan ekonomi, yakni dengan cara melakukan penanaman bibit tanaman produktif di wilayah setempat.

Sebagaimana pemberitaan sebelumnya, LPPM-UPR melalui Unit KKNT-Mandiri bekerjasama dengan Balai Pembibitan DAS (BPDAS) Kahayan telah menyediakan ribuan bibit tanaman produktif (bibit buah-buahan, perkebunan dan penghijauan, red) untuk didistribusikan dan ditanam pada setiap desa yang menjadi tempat atau lokasi pelaksanaan KKNT-Mandiri UPR Membangun Desa Implementasi MBKM periode I tahun 2022 ini.

Kepada redaksi Kaltengnews.co.id, Ketua LPPM-UPR Dr. Ir. Aswin Usup, MSc melalui Ketua Unit KKNT-Mandiri LPPM-UPR Dr. Miar P. Bakar, SE, MSi menyampaikan bahwa pada kesempatan sebelumnya, pihak panitia KKNT-Mandiri telah mendistribusikan bibit tanaman produktif, berupa 6 (enam) jenis bibit buah-buahan dan perkebunan yang disediakan, diantaranya yakni Durian, Rambai, Jambu Kristal, Barania, serta bibit penghijauan berupa bibit Sengon dan Blangiran dengan jumlahnya ada sekitar 500 bibit.

“Adapun jumlah keseluruhan bibit (buah-buahan, perkebunan dan penghijauan, red) ada sekitar 7.000 bibit tanaman produktif yang akan didistribusikan ke 44 desa yang tersebar di 6 (enam) kabupaten di wilayah Kalimantan Tengah, termasuk pula di Desa Sanggu Kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan ini,” terang Ketua Unit KKNT-Mandiri LPPM UPR, Kamis (10/03/2022) sore.

Lanjut Dr. Miar mengatakan bahwa masing-masing kelompok KKNT-Mandiri akan mendapat 150 bibit per kelompok per desa.

Khususnya kegiatan penanaman bibit tanaman produktif di Desa Sanggu, Kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan telah dilaksanakan oleh kelompok KKNT-Mandiri UPR Desa Sanggu bersama sejumlah perwakilan masyarakat setempat, dan disaksikan langsung oleh dosen pendamping lapangan (DPL) ibu Prof. Dr. Liswara Neneng, SPd, MSi.,

“Kami juga sangat berharap, melalui penanaman bibit tanaman produktif tersebut, selanjutnya bisa memberikan manfaat positif, terlebih lagi dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat desa kedepannya.”

“Pada prinsipnya, kegiatan penanaman bibit tanaman produktif ini, diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat, dari sektor perkebunan dan kehutanan, khususnya di Desa Sanggu, Kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan.” tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!