Jalankan Program di Bidang Pendidikan, Kelompok KKNT-Mandiri UPR Desa Sanggu Mengajar di PAUD dan SD

 Jalankan Program di Bidang Pendidikan, Kelompok KKNT-Mandiri UPR Desa Sanggu Mengajar di PAUD dan SD

KKNT-MANDIRI UPR PERIODE I TAHUN 2022 : Kelompok KKNT-Mandiri UPR di Desa Sanggu, Kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan menjalankan program di bidang pendidikan yakni dengan mengajar di PAUD dan SD setempat.

 

Kaltengnews.co.id – SANGGU – Berbagai bidang program kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik Mandiri (KKNT-Mandiri) UPR Membangun Desa Implementasi MBKM periode I tahun 2022 mulai dilaksanakan sejak beberapa hari lalu, salah satunya adalah di bidang pendidikan seperti mengajar anak-anak di satuan pendidikan anak usia dini (PAUD) dan sekolah dasar (SD).

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua LPPM-UPR Dr. Ir. Aswin Usup, MSc melalui Ketua Unit KKNT-Mandiri LPPM-UPR Dr. Miar P. Bakar, SE, MSi, kepada redaksi Kaltengnews.co.id melalui pesan WhatsApp pribadinya, Kamis (10/03/2022) sore.

“Salah satu program KKNT-Mandiri UPR Membangun Desa Implementasi MBKM periode I tahun 2022 adalah di bidang pendidikan, seperti yang dilaksanakan oleh kelompok KKNT-Mandiri di Desa Sanggu, Kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan yang mengajar di PAUD dan SD pada wilayah setempat,” terang Ketua Unit KKNT-Mandiri LPPM-UPR.

Lanjut Dr. Miar menyebutkan bahwa tujuan dari program tersebut tidak lain guna mengimplementasikan Tri Darma Perguruan Tinggi, utamanya dalam hal pendidikan dan pemberdayaan kepada masyarakat yang secara spesifik lagi mengajarkan anak-anak usia dini dan sekolah dasar.

Kegiatan tersebut, sekaligus pula sebagai upaya Implementasi program Merdeka Belajar — Kampus Merdeka (MBKM) dan program UPR Membangun Desa.

Selain itu, kelompok KKNT-Mandiri di Desa Sanggu, selama menjalankan program kegiatan juga didampingi oleh seorang dosen pendamping lapangan (DPL) yakni ibu Prof. Dr. Liswara Neneng, SPd, MSi.,

Lanjutnya, mengingat mahasiswa peserta kelompok KKNT-Mandiri di Desa Sanggu, ada yang berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UPR, maka diharapkan ini menjadi suatu kesempatan yang baik untuk mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang telah didapat selama menjalani perkuliahan, sebelum mereka nanti benar-benar dinyatakan lulus kembali mengabdi untuk masyarakat.

“Program yang dilaksanakan oleh kelompok KKNT-Mandiri UPR di Desa Sanggu, tidak hanya di bidang pendidikan saja, melainkan juga masih ada beberapa program lainnya seperti di bidang lingkungan dan ekonomi.”

“Di mana, pada beberapa waktu lalu, kelompok KKNT-Mandiri di Desa Sanggu bersama-sama warga setempat melakukan penanaman bibit tanaman produktif. Hal ini harapannya kedepan untuk membantu perekonomian masyarakat setempat,” timpalnya.

Dirinya juga berharap, dengan kehadiran mahasiswa, melalui program KKNT-Mandiri UPR Membangun Desa Implementasi MBKM periode I tahun 2022 di Desa Sanggu, Kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan dapat memberikan manfaat dan makna, utamanya bagi masyarakat setempat untuk mewujudkan Desa Mandiri sebagaimana program dari Kementerian Desa Republik Indonesia (Kemendes RI).

Nampak saat itu, animo dan semangat anak-anak PAUD dan SD di wilayah setempat sangat tinggi untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan oleh kelompok KKNT-Mandiri UPR di Desa Sanggu, dari awal sampai berakhirnya kegiatan. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!