Inventarisasi Sarana dan Prasarana Objek Wisata di Bartim

 Inventarisasi Sarana dan Prasarana Objek Wisata di Bartim

Foto : Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Barito Timur, Forty Rickyanou, Kamis (10/3/2022).

KALTENGNEWS.co.id – Tamiang Layang – Pemerintah Kabupaten Barito Timur, masih punya sejumlah potensi wisata yang belum tergali dan terkelola dengan maksimal. Agar potensi itu bisa bisa dioptimalkan, Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Barito Timur akan mendata atau menginventarisasinya sehingga ke depan bisa dikembangkan dan dimaksimalkan untuk kepentingan daerah.

Hal itu dikemukakan Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Barito Timur, Forty Rickyanou, mengatakan, untuk mengetahui apa saja yang harus dibangun untuk menunjang objek wisata, pihaknya turun langsung ke lapangan untuk melakukan verifikasi legalitas kepemilikan aset objek wisata.

“Kita turun kelapangan melakukan kegiatan verifikasi legalitas kepemilikan aset yang dimiliki oleh Pemerintah Desa saat Musrenbangdes mengusulkan pembangunan sarana prasarana dan infrastruktur wisata,” ungkap Forty Rickyanou, Kamis (10/3/2022).

Forty Rickyanou, menjelaskan beberapa orang sudah turun kelapangan sebagai bahan validasi usulan pada Musrenbang tingkat Kabupaten Barito Timur. Ujarnya, hasil turun lapangan itu, dapat mengetahui kebutuhan real anggaran yang dialokasikan dari usulan desa dan pokok pikiran dewan.

“Kita melakukan verifikasi aset di daerah Kecamatan Dusun Tengah, Raren Batuah dan Pematang Karau,” ungkap Forty Rickyanou.

Apalagi, ujar dia, kegiatan verifikasi dilakukan antara lain data umum desa yang mengusulkan lokasi wisata, luas lahan wisata, legalitas kepemilikan lahan dan sebagainya.

“Serta sarana dan prasarana yang diusulkan untuk dibangun di tahun 2023, guna menunjang objek wisata tersebut,” jelas kadis.

Forty Rickyanou menandaskan, yang tidak kalah pentingnya adalah mengupayakan infrastruktur dalam mendukung daya tarik wisata untuk mengunjungi tempat-tempat wisata unggulan yang ada di Barito Timur. (ags/anggra)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!