Dukung Pengembangan Sektor Pertanian dan Perkebunan, Kelompok KKNT-Mandiri UPR Membangun Desa Sungai Undang Ikuti Pembuatan Pupuk Kompos

 Dukung Pengembangan Sektor Pertanian dan Perkebunan, Kelompok KKNT-Mandiri UPR Membangun Desa Sungai Undang Ikuti Pembuatan Pupuk Kompos

KKNT-MANDIRI UPR PERIODE I TAHUN 2022 : Kelompok KKNT-Mandiri UPR di Desa Sungai Udang, Kecamatan Seruyan Hilir, Kabupaten Seruyan saat mengikuti kegiatan produksi pupuk kompos.

Kaltengnews.co.id – Sungai Undang, Seruyan – Program Kerja (Proker) KKNT-Mandiri UPR Membangun Desa Implementasi MBKM periode I tahun 2022, khususnya yang dilaksanakan oleh Kelompok KKNT-Mandiri UPR Membangun Desa Sungai Undang, Kecamatan Seruyan Hilir, Kabupaten Seruyan adalah membantu masyarakat setempat dalam membuat pupuk kompos.

Hal tersebut diutarakan oleh Ketua LPPM-UPR Dr. Ir. Aswin Usup, MSc melalui Ketua Unit KKNT-Mandiri LPPM-UPR Dr. Miar P. Bakar, SE, MSi, kepada redaksi Kaltengnews.co.id, melalui pesan WhatsApp pribadinya, Minggu (13/03/2022) sore.

“Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk membantu warga dalam proses pembuatan pupuk kompos yang bahannya berasal dari sampah daun kering dan kotoran hewan,” ucap Ketua Unit KKNT-Mandiri LPPM-UPR.

Lanjut Dr. Miar mengatakan bahwa kegiatan tersebut telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 5 Maret 2022 lalu. Program kegiatan yang dilaksanakan oleh kelompok KKNT-Mandiri UPR Membangun Desa Sungai Undang dinilai sangat baik, utamanya untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman berharga khususnya bagi mahasiswa yang ditempatkan di wilayah tersebut.

“Diharapkan, dengan terlibat langsung dalam segala proses produksi pembuatan pupuk kompos, mereka juga akan mengetahui cara-cara memanfaatkan barang-barang yang dianggap tidak berguna atau tidak bernilai, menjadi suatu produk yang lebih memiliki nilai ekonomi.”

“Seperti membuat pupuk kompos yang bahannya berasal dari sampah daun kering dan kotoran hewan, sehingga hasilnya akan menjadi bermanfaat untuk pengembangan sektor pertanian dan perkebunan di wilayah setempat,” ujarnya.

 

KKNT-MANDIRI UPR PERIODE I TAHUN 2022 : Pupuk Kompos yang diproduksi oleh masyarakat Desa Sungai Undang, Kecamatan Seruyan Hilir, Kabupaten Seruyan untuk mendukung pengembangan sektor pertanian dan perkebunan di wilayah setempat.

 

Lebih dalam, dirinya juga menuturkan bahwa selama kegiatan di lapangan, kelompok KKNT-Mandiri UPR Membangun Desa Sungai Undang, Kecamatan Seruyan Hilir, Kabupaten juga didampingi oleh seorang dosen pendamping lapangan (DPL) yakni bapak Dr. Aprianto, M.Pd.

Selain itu, ujar Dr. Miar menambahkan kegiatan yang dilaksanakan oleh Kelompok KKNT-Mandiri UPR Membangun Desa Sungai Undang masih ada juga di bidang lainnya, seperti pendidikan, lingkungan, ekonomi dan lain sebagainya, sesuai dengan program yang telah ditetapkan sebelumnya dan perkembangan kondisi di lapangan.

Sebagaimana adanya Tema KKNT-Mandiri UPR Membangun Desa Implementasi MBKM periode I tahun 2022, yakni ‘Peran Perguruan Tinggi Dalam Pembangunan di Pedesaan.’

“Maka kami pun berharap, semua program yang dilaksanakan oleh seluruh kelompok KKNT-Mandiri UPR Membangun Desa di setiap wilayah, dapat bermanfaat bagi masyarakat setempat. Ini sekaligus menjadi salah satu upaya kami untuk mewujudkan program UPR Membangun Desa, mengimplementasikan Tri Darma Perguruan Tinggi dan Merdeka Belajar—Kampus Merdeka (MBKM) dan turut serta mensukseskan program Kementerian Desa, yakni Mewujudkan Desa Mandiri dan Maju,” tutup Dr. Miar. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!